Punya Banyak Manfaat, Kimchi Cocok Buat Kamu yang Lagi Diet

Punya Banyak Manfaat, Kimchi Cocok Buat Kamu yang Lagi Diet

Makanan khas Korea yang terbuat dari sayuran ini mengandung banyak serat dan bakteri baik. Keduanya bagus untuk pencernaan serta rendah kalori.

Kamu yang suka nonton drama Korea atau fans salah satu grup idol Korea pasti udah kenal makanan satu ini. Kimchi sering banget muncul di tayangan drama korea.

Kimchi terbuat dari sayuran yang telah difermentasi. Jenis sayuran yang dijadikan kimchi bisa berbagai macam, sesuai selera. Sawi putih dan lobak merupakan sayuran yang paling sering digunakan untuk membuat kimchi. Kedua sayuran itu biasanya dicampur sama bawang merah, bawang putih, daun bawang, bubuk cabai merah, gula, garam, jahe, tiram, cumi-cumi, atau makanan laut lainnya.

Kimchi dari sayuran (masterclass.com)

Kimchi dibuat melalui proses fermentasi alami dalam temperatur yang rendah sehingga tercipta sayuran segar yang baik untuk tubuh. Tekanan bakteri asam laktat yang menghasilkan bakteriosin dari kimchi diberi nama Lactobacillus kimchi. Bakteri ini memproduksi asam laktat yang lebih tinggi dari yoghurt.

Dikutip dari Cosmopolitan.co.id, yuk tengok apa aja manfaat kimchi buat tubuh kamu?

1. Memperbaiki saluran pencernaan

Kimchi mengandung jutaan bakteri baik bernama lactobacilli yang berguna untuk melancarkan saluran pencernaan. Kandungan lactobacillus dalam kimchi mampu menangkal penyakit usus, sedangkan kadar serat yang tinggi juga dapat menangani masalah konstipasi.

Makan kimchi bisa bikin BAB kamu lancar.

Kimchi baik untuk pencernaan (independent.co.uk)

2. Meningkatkan sistem imun

Kamu sering sakit pas musim hujan atau cuaca dingin? Coba deh makan kimchi.

Makanan kaya probiotik seperti kimchi dapat meningkatkan sistem imun untuk menangkal penyakit dengan lebih efektif. Ditambah lagi, kimchi menggunakan paprika merah yang kaya akan antioksidan dan kubis yang bisa menurunkan risiko inflamasi.

3. Menurunkan kadar kolestrol

Kalau kamu memiliki tekanan darah tinggi atau kadar kolestrol yang tinggi, perbanyak konsumsi kimchi. Bawang putih dalam kimchi mengandung allicin dan selenium yang bisa menurunkan level kolestrol dan mencegah penyakit kardiovaskular ataupun stroke. 

Kimchi cocok buat kamu yang lagi diet (fitburg.ru)

4. Mempertahankan kesehatan mata dan rambut

Gak doyan jus wortel sama pepaya? Ganti sama kimchi.

Kimchi kaya akan vitamin A yang tidak hanya mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas, tetapi juga bisa memperbaiki kesehatan tubuh dan meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, zat selenium dalam kimchi juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit.

5. Cocok untuk diet sehat

Kabar baik buat kamu yang lagi diet nih.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kimchi sangat sehat dan rendah kalori, namun memiliki kandungan serat tinggi yang bisa menjaga kekenyangan perut. Probiotik dan lactobacillus yang terkadung dalam kimchi juga dapat menyehatkan tubuh dan menurunkan risiko obesitas.

Tertarik nyoba? 

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"