Popcorn Jagung: Cemilan Paling Hits di Seluruh Dunia, Gimana Bisa?

Popcorn Jagung: Cemilan Paling Hits di Seluruh Dunia, Gimana Bisa?

Bagian dunia mana yang nggak kenal sama popcorn jagung? Nggak ada! Dari Princes Diana hingga Princess Syahrini, dari Merauke hingga Antartika, semua kenal sama cemilan ini. Gimana bisa sih?

Betapa mudahnya menemukan popcorn jagung. Dari bioskop hingga pasar tradisional menjajakan berondong. Masyarakat Jawa mengenalnya dengan istilah berondong jagung. Berondong, selain terbuat dari jagung dibuat pula dari beras dan biji bayam atau amaranthus. 

Cemilan popcorn jagung juga mempunyai kandungan nutrisi baik buat tubuh, seperti serat dan antioksidan. Biji jagung yang dipanggang lalu jadi mengembang. Dari segenggam biji bisa jadi setoples popcorn. Suara samar-samar ledakan dari alat pamanggang membikin gemas. Nutrisinya jadi pahlawan bagi pejuang diet. 

Popcorn baru matang (southerncastiron.com)

Dalam satu biji jagung terdapat tiga bagian. Bagian terluar adalah kulit yang keras, dikenal dengan pericarp. Bagian tengah disebut endospermae dan bagian terdalam disebut sebagai embrio. Ketika menjadi cemilan yang disebut popcorn jagung, ia mengandung sari pati dan air. Saat biji jagung dipanggang dan mendapatkan panas, maka air berubah menjadi uap. Uap membuat pati melunak. Ketika suhu mencapai 350 derajat, tiga lapisan biji meledak. Terciptalah popcorn jagung.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"