Menu Makanan Sahur Rasulullah Yang Patut Ditiru Umat Muslim, Disarankan Konsumsi Ini Setiap Hari

Menu Makanan Sahur Rasulullah Yang Patut Ditiru Umat Muslim, Disarankan Konsumsi Ini Setiap Hari

Dalam waktu beberapa hari lagi, umat Muslim  di seluruh dunia akan memasuki bulan yang penuh berkah yakni bulan Ramadhan. Di momen yang penuh dengan kemuliaan ini, seluruh penganut agama Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah berpuasa . Sebelum mulai berpuasa, ada satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan yakni sahur.

Sahur atau yang juga disebut Sehur, Sehri, Sahari dan Suhoor dalam bahasa lain, merupakan sebuah istilah Islam yang merujuk pada aktivitas makan yang dilakukan oleh umat Islam saat dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Hukum makan sahur adalah sunnah, jadi untuk yang tidak melakukannya tetap sah dalam menjalankan ibadah puasa.

Foto: Menu Sahur Rasulullah (Okezone)

Meski begitu, sahur dianggap sebagai bagian ibadah. Sebab, sahur juga membantu kita untuk bertahan selama 12 jam tanpa makan dan minum apapun. Rasullullah pun mengatakan makan sahur merupakan bagian dalam ibadah puasa Ramadhan. Hal ini juga dilakukan Rasulullah agar ibadahnya semakin berkah.

Namun apakah kamu tahu menu sahur Rasulullah dan bagaimana cara beliau menikmati santapannya? Dikutip dari Republika, pengajar di Ma'had Daarussunnah Bekasi, Ustaz Muhammad Azizan, Lc menjelaskan, Nabi Muhammad SAW  tidak pernah mengkhususkan makanan tertentu untuk dimakan di waktu sahur.

Hanya saja beliau bersabda dalam HR. Abu Daud yang menyatakan sebaiknya makanan sahur adalah dengan menyantap kurma. “Sebaik-baiknya makanan sahur seorang mukmin adalah kurma.” (HR. Abu Dawud, no.2.345).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"