Mau Berbuka dengan Masakan Jepang? Coba Kenali 9 Saus dan Kondimen Khas Negeri Sakura Ini Terlebih Dahulu

Mau Berbuka dengan Masakan Jepang? Coba Kenali 9 Saus dan Kondimen Khas Negeri Sakura Ini Terlebih Dahulu

Kamu mungkin sering makan masakan Jepang. Tapi tahu gak kalau Washoku, atau masakan tradisional Jepang, didasarkan pada lima bahan penting yang disebut sebagai "sa-shi-su-se-so"? Lima bahan dasar ini digunakan untuk menciptakan cita rasa khas Jepang.

Kelima bahan tersebut adalah gula (sa), garam (shi), cuka (su), kecap (se), dan miso (so), yang dapat dikombinasikan dengan kaldu dashi, sake, dan rempah-rempah untuk membuat berbagai saus dan bumbu. Dengan membaca artikel ini sampai selesai, kamu akan mengetahui lebih lanjut tentang berbagai saus dan bumbu yang ditemukan di berbagai masakan Jepang.

1. Saus Tonkatsu

Saus Tonkatsu (serouseats.com)

Saus tonkatsu adalah saus cokelat kental yang digunakan di Jepang sebagai topping untuk hidangan katsu seperti tonkatsu (potongan daging babi goreng), katsu ayam, dan korokke (kroket kentang). Saus ini juga digunakan untuk kushikatsu (makanan sate yang digoreng); atau sebagai bahan untuk membuat yakisoba (mie goreng).

2. Mayones Jepang

Mayones Jepang adalah saus dengan banyak penggemar berat, berkat rasa yang unik dan tekstur halus yang menonjol dari mayones ala Barat. Mayones ini dibuat menggunakan lebih banyak kuning telur daripada mayo gaya Barat dan tanpa putih telur, yang memberi mayo Jepang memiliki rasa yang kaya dan lembut yang diimbangi dengan campuran rempah-rempah yang tajam dan sentuhan MSG untuk rasa umami yang kuat.

3. Serpihan Bonito

Serpihan bonito dibuat dengan menngiris potongan tipis kertas dari ikan bonito kering (tuna cakalang). Mereka dapat direndam dalam air untuk membuat kaldu dashi yang kaya umami atau digunakan sebagai topping untuk berbagai hidangan, termasuk okonomiyaki, takoyaki, dan ohitashi (salad bayam dingin). Serpihan ikan setipis kertas bereaksi terhadap panas, yang menciptakan ilusi bahwa mereka hidup dan bergerak ketika ditambahkan ke makanan panas.

4. Aonori



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"