Makanan yang Bisa Membantu Meringankan Gejala Asma

Makanan yang Bisa Membantu Meringankan Gejala Asma

Meskipun tidak ada makanan ajaib untuk menyembuhkan asma, membuat beberapa perubahan dalam diet bisa membantu mengurangi atau mengontrol gejala asma.

Secara umum, pola makan yang sehat dan bervariasi bermanfaat untuk mengatasi asma, kata Holly Prehn, RD, seorang klinisi pendukung nutrisi bersertifikat di University of Colorado Hospital di Denver.

"Makanan yang kaya akan buah-buahan dan sayuran, serta lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda (terutama asam eicosapentaenoic [EPA]), dan lebih rendah gula tambahan serta daging olahan dan daging merah cenderung lebih baik untuk manajemen asma," kata Kelly Jones, RD, CSSD, pemilik Kelly Jones Nutrition yang berbasis di Newtown, Pennsylvania.

Makanan yang menurunkan gejala asma (brisbanebulkbillingdoctor.com.au)

Penelitian yang diterbitkan pada bulan Januari 2015 di Annals of the American Thoracic Society menemukan orang dewasa dengan obesitas sedang dan berat dengan asma yang tidak terkontrol yang kehilangan 10 persen atau lebih dari berat badan mereka mengalami peningkatan yang signifikan dalam pengendalian asma.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa mengendalikan asma:

1. Apel dan Jeruk

Jika ingin meredakan gejala asma, mulailah dengan menambahkan lebih banyak buah ke dalam makanan. Buah adalah sumber beta karoten dan vitamin C dan E yang baik, yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan di paru-paru.

Ulasan Nutrisi 2017 mencatat alasan buah memiliki efek ini tidak diketahui, tetapi tampaknya apel dan buah jeruk secara khusus telah terbukti menurunkan risiko dan gejala asma. Makan dua porsi buah ditambah lima atau lebih porsi sayuran per hari selama dua minggu menyebabkan kontrol asma lebih baik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"