Konon, 5 Makanan Enak di Indonesia Ini Dulu Cuma Disantap Orang Miskin

Konon, 5 Makanan Enak di Indonesia Ini Dulu Cuma Disantap Orang Miskin

Nusantara kita ini dipenuhi oleh berbagai macam makanan. Kuliner di tiap daerah pun berbeda-beda, hampir punya khas makanan sendiri-sendiri. 

Nah, konon dulu ada beberapa makanan yang dianggap sebagai makanan orang miskin. Padahal sekarang malah digemari berbagai kalangan loh. Rasanya pun enak. 

Berikut 5 makanan yang dianggap santapan orang kurang mampu pada zamannya. 

1. Sate kere

1. Sate kere sate kere (kompas.com)

Namanya juga sate kere. Kere berasal dari Bahasa Jawa artinya miskin. Nah, sate kere sempat tambah populer karena Jokowi. Soalnya, ini jadi hidangan di acara pernikahan anak Jokowi. 

Pada zaman dulu sate daging tuh biasanya disantap orang kelas atas. Sementara kelas bawah jarang banget makan sate daging. 

Akhirnya, diciptakan sate yang bisa dinikmati orang miskin juga. Satenya berbahan dasar tempe gembus, kemudian diungkep dengan berbagai bumbu serta jeroan sapo kayak usus dan paru. Kini, orang menyebutnya sate kere. 

Sate kere bisa disajikan bareng lontong dan bumbu kacang biar mirip sate daging beneran. 

2. Ikan Asin

2. Ikan Asin Ikan asin (cookpad.com/@Emyzubir)

Ikan asin di zaman dulu identik sama orang kurang mampu. Soalnya, ikan asin emang harganya murah meriah dan gampang ditemui. Meski begitu, sekarang ikan asin udah sering disantap berbagai kalangan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"