Kenapa Ya Makan Udah Banyak Tapi Masih Kerasa Lapar Aja?

Kenapa Ya Makan Udah Banyak Tapi Masih Kerasa Lapar Aja?

Sudah makan banyak tapi masih kerasa lapar aja, itu kenapa ya? Simak deh alasannya.

Hidup ini sebetulnya simpel: ngantuk ya tidur, lapar ya makan. Kalo udah makan, ada dua akibatnya. Ngantuk dan ... lapar lagi. Kok bisa lapar lagi sih? Padahal kan udah makan banyak.

Kalo ngantuk solusinya ya tadi, tidur! Terus kalo lapar lagi gimana? Mosok makan lagi sih?

Udah makan banyak, tapi masih laper juga? (eatthis.com)

Banyak orang pernah mengalami kasus ini. Ternyata, ini bersumber dari pikiran. Jadi, setiap kita berpikir makan banyak tuh bikin kenyang, itu yang justru bikin kamu merasa selalu lapar.

Hal ini diungkap lewat sebuh riset dari University of Vermont, Amerika Serikat. Dalam studi itu, Dr. Mark Bouton dan rekan-rekannya melakukan penelitian terhadap 32 ekor tikus selama 12 hari.

Seperti dikutip dari The Independent, tikus-tikus yang dijadikan bahan percobaan itu ditempatkan di sebuah kotak dalam keadaan kenyang. Tikus-tikus itu juga diberi tuas yang akan menyajikan makanan lagi dalam kotak tadi.

Kasus ini ternyata bersumber dari pikiran (medicalnewstoday.com)

Akhirnya, tuas itu ditekan terus dan makanannya habis.

Dari situ keliatan kalo tikus bisa mengasosiasikan kenyang dengan menerima makanan. Tikus-tikus itu juga mengasosiasikan rasa lapar dengan tidak adanya makanan.

Begitu percobaannya diulangi, para ilmuwan menemukan bahwa tikus menekan tuas lebih sering saat mereka kenyang ketimbang saat mereka lapar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"