Inovasi Baru, Batang Rumput Bisa Jadi Sedotan Ramah Lingkungan Nih

Inovasi Baru, Batang Rumput Bisa Jadi Sedotan Ramah Lingkungan Nih

Meminum minuman menggunakan sedotan plastik mulai ditinggalkan banyak orang. Terlebih setelah sampah plastik menimbulkan banyak masalah terkait pencemaran lingkungan.

Kini, orang-orang beralih menggunakan sedotan dari bahan-bahan alami. Misalnya minum minuman menggunakan sedotan dari batang bambu. Atau, minum menggunakan sedotan dari besi atau kaca.

Ini nih, sedotan berbahan batang rumput (greenme.vn)

Sampah plastik dari sedotan misalnya, butuh waktu hingga puluhan atau ratusan tahun hingga benar-benar terurai. Maka langkah mengganti sedotan plastik dianggap bisa mengurangi penumpukan sampah plastik yang jadi fenomena global beberapa tahun terakhir.

Tapi ternyata gak cuma batang bambu aja kok yang bisa dijadikan sedotan. Hal ini dilihat sebagai peluang seorang pengusaha asal Vietnam. Dia menemukan inovasi terbaru untuk sedotan dari bahan alami ... sedotan batang rumput.

Sedotan batang rumput bisa menjadi pengganti sedotan plastik yang kini produksinya telah diatur secara ketat. Sedotan batang rumput itu disebut Green Grass Straw.

Ramah lingkungan banget nih~ (thejakartapost.com)

Kini, sedotan batang rumput sendiri akan bersaing dengan deretan produk dari bahan alami pengganti plastik. Green Grass Straw sendiri melaporkan bahwa pengusaha yang memulai melakukan bisnis ini adalah Tran Minh Tien.

Tien mulai menjalankan bisnisnya ini di sebuah desa kecil di Vietnam yang dialiri Sungai Mekong. Kawasan tempat dia tinggal dikelilingi rawa-rawa dan jauh dari perkotaan.

Di sekitar rawa-rawa itu, terdapat berbagai jenis rumput liar. Dan salah satu jenis rumput di rawa itu memiliki batang dengan bentuk silinder. Dari situ, Tien berpikir untuk mengolahnya menjadi sedotan ramah lingkungan.

Untuk menjadi sedotan ramah lingkungan, Tien membersihkan batang rumput itu dan memotongnya dengan ukuran dan panjang yang seragam. Tapi setelah dipotong, sedotan ramah lingkungan ini gak bisa langsung digunakan begitu aja gengs.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"