Ini Lho Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dimakan, Sehat Pula Buat Tubuh

Ini Lho Beberapa Jenis Bunga yang Bisa Dimakan, Sehat Pula Buat Tubuh

Kata siapa bunga nggak bisa dimakan? Ini lho beberapa jenis bunga yang bisa dimakan. Sehat pula buat tubuh.

Bunga biasanya kan dikasih pacar tuh. Kalo nggak ya buat memperindah pekarangan rumah kita, atau hiasan buat acara-acara tertentu.

Ini karena bunga menjadi simbol cinta. Bunga juga memberikan kesan segar dan cantik. Wangi dari bunga juga bikin seger kan tuh ... makanya banyak deh orang yang suka dengan bunga.

Tapi, ada yang kepikiran nggak untuk makan bunga? Emangnya bisa ya dimakan? Ya kenapa nggak ... ya jelas bisa lah. Seperti dikutip dari Daily Meal, ini lho beberapa jenis bunga yang bisa dimakan. Sehat pula buat tubuh.

1. Dandelion

1. Dandelion Dandelion, bisa dimakan loh ini (theconsciousdietitian.com)

Dandelion yang cantik ini bisa dimakan loh. Biji-biji putih halus dari bunga ini merupakan sumber vitamin A, C, dan K yang baik untuk tubuh. Dandelion juga mengandung vitamin E dan B loh.

Kandungan lainnya adalah zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium. Bunga ini juga diketahui memiliki antioksidan tinggi serta zat antiinflamasi. Dandelion juga bisa dicampurkan ke dalam salad, sup, atau teh.

2. Kembang sepatu (Hibiscus)

2. Kembang sepatu (Hibiscus) Kembang sepatu juga bisa dimakan (miraclegro.com)

Kembang sepatu kan bisa kita dapatkan dengan mudah tuh, biasanya sih ada di rumah tetangga. Hehehe. Pokoknya bisa tumbuh dengan subur di daerah tropis seperti di Indonesia deh.

Di dunia kuliner, bunga ini jadi diburu banyak orang karena rasanya yang nikmat dan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Bunga ini bisa dicampur ke teh atau koktail. Bunga ini bisa dijadikan pendamping untuk hidangan pencuci mulut.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga ini membantu mengobati penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol.

3. Lavender

3. Lavender Lavender dicampur ke teh enak banget pasti (bonnieplants.com)

Lavender nggak cuma ampuh untuk mengusir nyamuk gengs, tapi bisa juga untuk mengatasi kecemasan, infeksi jamur, atau kerontokan rambut loh.

Lavender bisa diracik jadi minyak esensial buat wewangian. Tapi kalo utuh, lavender bisa dicampurkan sebagai bumbu masakan, teh, koktail, pasta, saus salad, hingga hidangan penutup.

4. Bunga Matahari

4. Bunga Matahari Makan kuaci enak nih gengs (healthline.com)

Bunga matahari kan populer banget nih. Bijinya dimakan jadi kuaci buat camilan. Selain itu, biji bunga ini bisa digiling jadi bubuk untuk membuat roti.

Kuncup bunga matahari yang masih muda bisa dikukus dan dimakan. Sementara kelopak, daun, dan akarnya bisa dijadikan sebagai teh.

5. Mawar

5. Mawar Mawar juga bisa dimakan nih (jimlongrecipes.blogspot.com)

Kalo Mawar dikasih ke cewek, terus tiba-tiba dimakan, ngeri nggak? Padahal ya gapapa juga sih. Soalnya bunga mawar mengandung vitamin C gengs. Mawar bisa kalian tambahkan untuk bikin selai, sup, dan teh.

Air mawar juga bisa digunakan untuk menjadi pelengkap rasa makanan dan minuman gengs. Kalem, aman kok.

6. Calendula

6. Calendula Khasiat bunga ini hebat banget loh gengs (turtletreeseed.org)

Bunga ini menjadi bagian dari keluarga ester. Bunga ini bisa digunakan untuk teh atau minyak. Bunga ini bisa disantap langsung, kelopaknya bisa dicampur ke makanan dengan cara dipanggang dulu.

Calendula bermanfaat untuk mengobati kram menstruasi, sakit tenggorokan, kanker, bisul, campak, cacar, dan penyakit kuning loh gengs.

7. Echinacea (Coneflower)

7. Echinacea (Coneflower) Ini yang namanya coneflower (homedepot.com)

Echinacea biasanya dijadi teh atau ekstrak berbentuk bubuk. Pokoknya sih dikeringkan dulu, baru dikonsumsi.

Bunga ini bisa menjadi ramuan obat tahan udara panas. Udah gitu, bunga ini bisa digunaka untuk melawan gangguan pencernaah gengs. Bisa juga untuk infeksi kandung kemih ringan hingga flu.

Nah, itu dia beberapa bunga yang bisa dimakan. Jadi jangan mikir makan mawar tuh horor ya. Soalnya manfaatnya buat tubuh baik juga kok. Coba deh.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"