Ini Cara Membuat Kuah Bakso Ayam yang Gurih dan Gampang

Ini Cara Membuat Kuah Bakso Ayam yang Gurih dan Gampang

Gimana sih caranya membuat kuah bakso yang enak dan gampang? Simak resepnya berikut.

Siapa sih yang nggak suka bakso? Pasti hampir semua yang membaca artikel ini suka sama bakso.

Bakso merupakan kuliner khas Indonesia yang patut kita hargai. Kuliner ini cukup sederhana namun rasa baksonya sering menggunggah selera. Apalagi, kalo disajikan dengan kuah kaldu lezat. Kuah dalam bakso sangat berpengaruh bagi cita rasa sajiannya.

Kalo kalian berniat memasak bakso sendiri, berikut cara memasak kuah bakso yang lezat dan gurih.

Cara membuat kuah bakso ayam spesial

Cara membuat kuah bakso ayam spesial bakso (wajibbaca.com)

Bahan-bahan kuah bakso ayam spesial:

- Tulang dada ayam (2 ekor)

- Air (3 liter)

- Bawang putih (9 siung untuk 3 liter)

- Daun bawang, diambil bagian putihnya (opsional)

- Batang dan daun seledri (opsional)

- Kaldu blok secukupnya

- Pala bubuk setengah sendok teh

- Jahe (1 ruas) dibakar dan digeprek

- Lada putih secukupnya

- Garam secukupnya

- Minyak untuk menumis

Cara membuat kuah bakso ayam:

Cara membuat kuah bakso ayam: bakso (resepumi.com)

- Geprek bawang putih lalu cincang kasar.

- Panaskan wajan, tuang minyak, tunggu sampai panas. Kalo udah panas, tumis pawang putih sampai layu.

- Didihkan air di panci besar. Terus, masukin daun bawang dan seledri, kalo nggak suka rempah ini bisa dilewatin aja. Masukkan tulang ayam. Diamkan beberapa saat.

- Masukkan bawang putih yang telah ditumis, serta jahe yang udah dibakar dan digeprek, pala, dan kaldu blok secukupnya. Diemin sambil mendidih agar rasa bercampur dengan baik.

- Bumbui pakai garam dan lada putih secukupnya, lalu jangan lupa buat mengoreksi rasa kalo ada yang kurang. Tambahin garam atau kaldu blok kalo kurang gurih, atau tambahin air kalo terlalu asin.

- Kuah bakso ayam spesial siap disajikan sama bakso ayam.

bakso (dream.co.id)

Itulah cara membuat kuah bakso yang enak. Untuk bikin kuah bakso, biasanya banyak yang pakai tulang sapi agar kuah lebih kental aroma kaldu sapi yang gurih. Tapi kali ini, kalian bisa pakai tulang ayam kalo kurang suka dengan sapi. Selamat mencoba bikin kuah bakso!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"