Ini Alasan Kenapa Minuman Bersoda Buruk untuk Tubuhmu

Ini Alasan Kenapa Minuman Bersoda Buruk untuk Tubuhmu

Soda tidak baik untuk kesehatan karena mengandung banyak gula. Mengonsumsi soda terlalu banyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. Sebaiknya pilih alternatif soda yang lebih sehat. Tak hanya soda, minuman dengan kandungan gula tinggi juga dapat menyebabkan:

1. Kenaikan berat badan

2. Kegemukan

3. Diabetes tipe 2

4. Penyakit jantung

5. Penyakit ginjal

6. Penyakit hati non-alkohol

7. Asam urat

Efek minum seteguk soda bagi tubuhmu (student-activity.binus.ac.id)

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 menemukan bahwa orang yang rutin minum soda memiliki peluang lebih besar untuk terkena diabetes tipe 2 dibandingkan orang yang tidak minum soda.

Menurut Harvard Health, soda dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan. Soda tidak membuat seseorang merasa kenyang dengan cara yang sama seperti mengonsumsi jumlah kalori yang sama dari makanan padat. Beberapa orang mungkin terus makan meskipun mengonsumsi minuman berkalori tinggi.

Selain itu, minuman yang rasanya manis dapat meningkatkan nafsu makan untuk makanan lain yang tinggi kalori. Soda juga dapat menyebabkan kerusakan gigi. Menurut Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris, minuman manis merupakan penyebab utama kerusakan gigi.

Ketika bakteri di mulut memecah gula, ia menghasilkan asam, yang dapat melarutkan permukaan gigi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"