Gak Kalah Gurih! 5 Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Garam Yang Bikin Masakan Tetap Nikmat

Gak Kalah Gurih! 5 Bahan Ini Bisa Jadi Pengganti Garam Yang Bikin Masakan Tetap Nikmat

Garam umumnya dipakai sebagai bumbu untuk membuat masakan lebih gurih dan enak saat disantap. Garam bisa ditambahkan ke berbagai jenis makanan mulai dari tumisan, gorengan sampai kue manis.

Selain memberi rasa asin, garam juga dipakai untuk menyempurnakan rasa. Menariknya lagi, garam pun bisa didapatkan dengan mudah dan banyak dijual baik dipasar maupun warung di sekitar rumah.

Tapi buat kamu yang sedang kehabisan garam atau sedang mengurangi asupan garam, ada beberapa bahan yang bisa dipakai sebagai pengganti untuk membuat makanan tetap nikmat. Apa saja bahan itu? Scroll ya!

1. Kaldu Jamur

Pengganti Garam - Kaldu Jamur (Rumah.com)

Kaldu jamur atau dikenal dengan nutritional yeast merupakan ragi atau jamur yang dinonaktifkan dan berbentuk bubuk. Kaldu jamur ini punya rasa yang gurih sehingga bisa dipakai untuk pengganti garam.

Menariknya lagi, kaldu jamur juga mengandung serat beta-glucan yang membantu menurunkan kolesterol sehingga sangat cocok untuk menggantikan garam buat kamu yang sedang menjalani proses diet.

2. Kecap Asin

Kecap terdiri dari berbagai jenis. Tidak hanya yang memiliki rasa manis, ada juga kecap yang punya rasa asin. Di Jepang, kecap asin dikenal dengan nama shoyu dengan rasa asin yang cukup kuat. 

Jenis kecap ini biasanya disajikan bersama sushi. Namun kamu juga bisa menggunakan kecap asin untuk membumbuni berbagai masakan seperti nasi goreng, tumisan sampai kuah ramen. 

3. Bawang Putih



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"