Duh! Telur Orak-Arik Pakai Susu Ternyata Gak Disarankan Para Chef, Terungkap Begini Alasannya

Duh! Telur Orak-Arik Pakai Susu Ternyata Gak Disarankan Para Chef, Terungkap Begini Alasannya

Telur orak-arik masih menjadi menu praktis yang disukai banyak orang, baik itu untuk dikonsumsi saat sarapan maupun makan malam. Ada berbagai kreasi telur orak-arik yang kerap dicoba. Salah satunya dengan menambahkan susu.

Biasanya susu yang dipakai adalah susu cair segar atau susu UHT. Penambahan susu ini dianggap bisa membuat rasa telur menjadi lebih enak dan gurih. Meskipun praktik ini umum dilakukan, tapi ternyata para chef tidak menyarankannya.

Menurut chef-chef yang mengelola beberapa restoran pemenang penghargaan, penambahan susu saat bikin telur orak-arik bukanlah hal tepat karena akan merubah teksturnya. Seperti yang diungkapkan oleh Chef Don Joines.

Ilustrasi Telur Orak-Arik (Mirror)

"Jangan pernah menambahkan susu ke telur orak-arik karena akan mengurangi rasa dan membuat teksturnya seperti karet," ungkap Don Joines yang dilansir dari Mirror UK. Dia pun lebih merekomendasikan penggunaan butter alias mentega.

"Aku selalu menggunakan mentega. Pastikan pakai ketika mentega berwarna keemasan, bukan berwarna cokelat, sebelum kamu memasukkan telur. Terus aduk (telur orak-arik) dengan panas medium menuju rendah," sambungnya.

Chef Don juga menyarankan memakai spatula untuk mengaduk-aduk telur sampai teksturnya berubah agak encer, namun sudah menyatu. Selain itu, masak telur orak-arik dengan cara ini juga dijamin memiliki tekstur dan rasa yang lebih sempurna.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"