Deretan Kuliner Khas Solo yang Jadi Favorit Presiden Jokowi, Harganya Nggak Bikin Kantong Jebol

Deretan Kuliner Khas Solo yang Jadi Favorit Presiden Jokowi, Harganya Nggak Bikin Kantong Jebol

Presiden Jokowi  selalu menyempatkan waktu mengunjungi tempat makan di Solo  yang menyajikan kuliner yang khas. Haryanto salah satu kerabat Jokowi mengatakan salah satu alasan Jokowi pulang ke Solo selain untuk bertemu keluarganya adalah kangen mencicipi makanan khas Solo.

“Ada sesuatu yang bikin bapak mau pulang, makanannya, kuliner Solo. Mungkin ada satu tempat makanan yang enak dan akhirnya dia kembali ke situ lagi,” ucap Haryanto dilansir dari channel YouTube Sekretariat Presiden. Berikut beberapa makanan khas Solo yang jadi favorit orang nomor satu di Indonesia.

1.    Ayam Goreng Mbah Karto

Lokasinya di kawasan Bendosari, Sukoharjo, Jawa Tengah. Sri Sukarni pemilik tempat makan itu menyebut bahwa menu favorit di tempat makan itu adalah ayam goreng. Dia mengaku kaget ketika pertama kali diberitahukan jika Jokowi akan datang ke warungnya untuk makan.

 “Saya senang bercampur haru, sudah kesampaian didatangi Presiden,” ujar Sri. Harga makanan di Ayam Goreng Mbah Karto berkisar Rp 65 ribu untuk satu ekor ayam dan bisa untuk banyak orang.. Menu makanan itu cocok dimakan bersama keluarga

Deretan Kuliner Khas Solo yang Jadi Favorit Presiden Jokowi (Merdeka.com)

2.    Soto Gading

Soto Gading menjadi soto favorit Jokowi. Sudah sejak masih jadi Wali Kota Solo, Jokowi selalu makan kuliner yang terletak di jalan Brigjen Sudiarta Nomor 75. Toni pemilik Soto Gading mengatakan jika kuliner miliknya memiliki ciri khas dengan lauk pauk yang banyak dibandingkan warung soto lainnya. Untuk seporsi makan di Soto Gadng berkisar Rp 10 ribu – Rp 15 ribu.

3.    Soto Triwindu

Pemilik Soto Triwindu Murwani mengatakan kuah soto dan irisan daging menjadi pembeda Soto Triwindu dengan soto lainnya di Solo.Makanya kuah yang segar dan potongan daging ayam yang besar membuat Jokowi selalu ketagihan untuk datang ke warung soto yang lokasinya di kawasan Pasar Triwindu. Harganya pun berkisar Rp 10 ribu – Rp 15 ribu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"