Cek Fakta: Benarkah Air Kelapa Bisa Membersihkan Ginjal? Waspada Kondisi Ini

Cek Fakta: Benarkah Air Kelapa Bisa Membersihkan Ginjal? Waspada Kondisi Ini

Sudah bukan rahasia umum kalau air kelapa banyak digunakan karena beragam manfaat sehatnya. Selain membuat tubuh terhidrasi, beredar kabar yang mengatakan kalau minum air kepala bagus untuk membersihkan ginjal. Benarkah demikian?

Sebagai informasi, ginjal adalah organ vital yang punya banyak peran untuk tubuh. Sehingga, menjaga kesehatan ginjal sangat penting untuk dilakukan demi kondisi kesehatan jangka panjang. Terlebih, ginjal yang buruk bisa berpengaruh pada berbagai macam penyakit.

Dikutip dari CNN Indonesia, laman Wexner Medical Center memang sempat menjelaskan kalau air kelapa punya banyak manfaat. Belum lagi, air bening yang merupakan bagian dari buah kelapa ini rendah kalori dan rendah gula. Per 250 ml air kelapa hanya memiliki 45-60 kalori dengan 11-12 gram gula.

Ilustrasi Air Kelapa (Kompas)

Selain itu, air kelapa juga mengandung senyawa tanaman dan elektrolit seperti kalium, natrium, magnesium, dan fosfor. Karena kandungan cairan dan elektrolit ini, beberapa penelitian menunjukkan bahwa air kelapa memiliki manfaat untuk rehidrasi setelah kehilangan cairan.

Sebuah studi di tahun 2018 mengungkap konsumsi air kelapa hijau dianggap cukup baik untuk kesehatan ginjal. Pasalnya, penelitian tersebut melihat partisipan yang sering minum air kelapa hijau memiliki urin yang mengandung lebih banyak sitrat, potasium, dan klorida.

Jadi, anggapan air kelapa untuk membersihkan ginjal ada benarnya. Air kelapa hijau yang diminum juga bisa membantu meluruhkan batu ginjal atau mencegah pembentukan batu ginjal yang bisa menghambat fungsi ginjal. Tapi ada hal yang perlu diperhatikan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"