Cara Membuat Nasi Tumpeng yang Beda dan Pastinya Lezat!

Cara Membuat Nasi Tumpeng yang Beda dan Pastinya Lezat!

Begini lho, cara membuat nasi tumpeng yang bener, kalian musti cobain.

Tumpeng adalah hidangan kuliner khas indonesia yang biasa hadir di acara-acara resmi, seperti upacara adat atau bahkan ulang tahun.

Karena makanan ini penting banget, kalian perlu tahu gimana cara membuatnya, biar banyak orang yang senang dengan masakan kamu, berikut cara membuat nasi tumpeng yang enak ....

Tumpeng Nasi Kuning

Tumpeng Nasi Kuning Tumpeng Nasi Kuning (idntimes.com)

Tumpengan rasanya akan lebih berwarna dengan tumpeng nasi kuning, kelihatan beda gitu dan menyehatkan.

Bahan-bahan:

  • 3 batang serai, geprek
  • 3 lembar daun salam
  • Garam secukupnya
  • 1 kg beras
  • 1 ons beras ketan
  • 1 butir kelapa, parut
  • 1 ons kunyit, parut

Cara pembuatan:

  • Pertama, campur kelapa parut dan kunyit parut, buat santan
  • Setelah itu campurkan santan kunyit, beras putih, beras ketan, serai, daun salam dan garam, masak seperti biasa sampai setengah matang saja
  • Lalu lanjutkan nasi dikukus hingga matang

Menu pelengkapnya: kering tempe, ayam goreng, telur dadar iris, perkedel kentang, nuget ayam, kaki naga, indomie goreng, balado telur puyuh (menu pelengkapnya optional ya, sesuai selera).

Tumpeng Mie

Tumpeng Mie Tumpeng Mie (cookpad.com)

Gak cuma harus dari nasi aja sih, sebenarnya kita juga bisa membuat tumpeng dari mie lho gengs. 

Bahan-bahan:

  • Air
  • 4 btr telur.dadar
  • 1 kg ayam goreng
  • Timun
  • 1 kg beras
  • 3 Bks mi goreng isi 2
  • 1 Bks santan kara
  • 1/4 sdt garam
  • 2 btg serai digeprek
  • 2 lbr daun salam

Cara membuat:

  • Campur beras, santan, daun salam, serai, dan garam masak sampai matang
  • Kemudian rebus mi seperti cara biasa
  • Siapkan loyang bulat alasi dengan plastik. Tuang mi sambil ditekan biar rata. Tuang nasi di atas secentong sambil ditekan-tekan sampai rata dan cetakan penuh.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Balik ke atas piring datar. Hias dengan ayam.telur dadar dan timun, setelah itu tumpeng mie siap disajikan deh.

Tumpeng Biru

Tumpeng Biru Tumpeng Biru (warungkatapusur.blogspot.com)

Kamu pasti bisa bikin heboh dengan tumpeng biru, iya nasinya berwarna biru pake bahan pewarna alami Bunga Telang Martani.

Bahan-bahan:

  • 5 daun jeruk
  • 10 bawang merah
  • 5 bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • 1 liter air
  • 1 kg beras
  • 10 gr bunga telang Martani
  • 2 kelapa parut
  • 10 daun salam
  • 5 sereh

Cara membuat:

  • First, tambahkan air ke dalam parutan kelapa. Remas-remas lalu disaring.
  • Masukkan beras yg sudah dicuci ke dalam katel. Masukkan bunga telang, semua bumbu dan santan. Didihkan sampai air santan kering, terserap beras. Aduk terus agar nasi aron tidak gosong.
  • Masukkan nasi aron ke dalam dandang yang airnya sudah mendidih. Biarkan sampai nasi matang, sekitar 20-30 menit.
  • Ambil concot atau alat membuat gunungan. Hias dan bentuk sesuai selera. Sajikan deh tumpeng birunya.

Nah jadi itulah beberapa cara membuat nasi tumpeng. Gimana nih? Tertarik membuatnya di acara perayaan di sekitarmu?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"