Bubur Bayi 6 Bulan yang Disukai para Bayi, Sehat Lagi!

Bubur Bayi 6 Bulan yang Disukai para Bayi, Sehat Lagi!

Gimana sih cara buat bubur bayi 6 bulan itu? Ini nih, dijamin anak suka.

Saat menginjak usia 6 bulan biasanya bayi sudah perlu diperhatikan sumber asupan dan nutrisinya, jadi para mama kudu sigap.

Sebenarnya usia 6 bulan ada takarannya sendiri lho biar makin sehat. Tapi sudah tau belum resep bubur bayi 6 bulan yang menyehatkan?

Resep bubur bayi 6 bulan

Sebenarnya bayi usia 6 bulan itu sudah perlu diperhatikan asupannya, makanya biar ga ribet kamu ikuti aja deh resep berikut ini.

MPASI Bubur Kacang Hijau

MPASI Bubur Kacang Hijau Bubur Kacang Hijau (reseveera.blogspot.com)

Kacang hijau memiliki khasiat yang baik buat tumbuh kembang sang bayi, makanya buatin bubur dari kacang hijau seperti ini. Berikut caranya.

Bahan-bahan:

  • 2 sdm kacang hijau, rendam 6 jam, kupas kulitnya
  • 1 sdm tepung beras
  • 2,5 gelas air
  • 20 ml ASI perah

Langkah pembuatan:

  • Panaskan 2,5 gelas air, masukkan kacang hijau yang sudah direndam dan dikupas malam sebelumnya. Masak hingga mendidih dan kacang hijau agak hancur.
  • Masukkan 1 sdm tepung beras ke gelas. Tambahkan air rebusan kacang hijau, aduk hingga tidak ada gumpalan tepung.
  • Tambahkan larutan tepung beras ke dalam kacang hijau yang direbus, gunakan api kecil. Aduk hingga matang.
  • Masukkan kacang hijau dan bubur tepung beras ke blender. Blender hingga halus.
  • Tambahkan 20 ml ASI perah hingga tekstur buburnya lebih cair. Siap disajikan.

Resep by: Inna Latifa Rahmawati

MPASI Bubur Beras

MPASI Bubur Beras MPASI Bubur Beras (cookpad.com)

Bayi yang sudah berusia 6 bulan ga ada salahnya kalau diberi dengan beras, tapi berupa bubur ya gengs. Begini cara buatnya.

Bahan-Bahan:

  • 1 genggam beras
  • 2 gelas air
  • 1 gelas santan
  • 1 lembar daun salam
  • Secukupnya garam

Langkah Pembuatan:

  • Cuci bersih beras.
  • Masak beras dengan air, sambil diaduk.
  • Masukkan garam dan daun salam.
  • Setelah beras hancur, masukkan santan. Masak sampai tanak.
  • Sajikan dengan taburan favorit kamu moms.

Resep by: MakYas

MPASI Bayi 6 Bulan “Bubur Daging Sapi”

MPASI Bayi 6 Bulan “Bubur Daging Sapi” Bubur Daging Sapi (cookpad.com)

Bayi itu butuh karbohidrat yang cukup baik, apalagi mengingat sudah menginjak usia 6 bulan, kan wajib banget tuh!

Bahan-Bahan: 

  • 2 sendok makan beras putih organik
  • 1 kuntum brokoli organik
  • 2 slice tofu
  • 50 gram daging sapi
  • 1 siung bawang putih
  • 1 blok keju belcube
  • 250 ml air mineral
  • 1/2 sendok makan unsalted butter

Langkah Pembuatan:

  • Cuci bersih semua bahan dengan air matang/air mineral.
  • Potong kecil-kecil daging sapi kemudian rebus dengan air mineral kurang lebih 5 menit hingga keluar busa darahnya kemudian bilas dengan air matang.
  • Masukkan semua bahan (beras, brokoli, tofu, bawang putih dan daging sapi yang telah direbus) ke dalam slow cooker. Atur waktu memasak kurang lebih selama 2 jam.
  • Setelah 2 jam, masukkan keju belcube. Aduk-aduk hingga meleleh. Kemudian saring atau blender.
  • Saat penyajian tambahkan setengah sendok makan Unsalted Butter.

Resep By: Madre

Nah jadi itulah beberapa jenis bubur bayi 6 bulan yang bisa kita buat sendiri di rumah moms. Jadi gimana? Tertarik membuatnya sendiri?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"