Bisa Jadi Puluhan Makanan Lezat, Ini 3 Kuncian Bumbu Masak Paling Basic

Bisa Jadi Puluhan Makanan Lezat, Ini 3 Kuncian Bumbu Masak Paling Basic

Siapa bilang sih masak itu susah? Sebenarnya kalau kamu udah tahu trik-triknya, gampang aja lho masak makanan yang enak. 

Kalau untuk masakan Nusantara, kamu wajib menguasai pengolahan tiga bumbu dasar, yaitu merah, putih, dan kuning. Nah, dari bumbu dasar tersebut, udah bisa dipakai masak sampai puluhan jenis makanan lho. Dari makanan berkuah, tumisan, goreng-goreng, sampai pepes pun bisa pakai bumbu ini. 

Jadi bumbu dasar ini tuh campuran dari bawang dan rempah-rempah. Tambahannya paling cuma gula dan garam. Cara bikinnya juga gampang kok, tinggal haluskan aja semuanya, bisa diulek atau pakai blender. Tumis sampai bumbunya matang, lalu simpan di toples tertutup, masukin kulkas, tinggal dikeluarin pas mau masak. Simple, kan? 

Nah, apa aja sih bahan yang diperlukan buat bumbu dasar, plus bisa dibikin masakan apa aja. Yuk simak penjelasannya~

Bumbu dasar merah

Bumbu dasar merah Bumbu dasar (Review.bukalapak.com)

Bumbu ini terdiri dari cabe merah besar, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, gula, garam, lalu diblender dengan sedikit minyak. Kalau udah halus, tinggal ditumis dan koreksi rasanya. 

Bumbu merah bisa kamu pakai buat masak nasi goreng, daging, dan balado apapun, misalnya daging, udang, kentang, ati ampela, paru, cumi, telur, teri, atau tahu. Buat yang suka pedas, bisa tambahin cabe rawit sesuai selera ya~ 

Bumbu dasar putih

Bumbu dasar putih Bumbu dasar (Cookpad.com)

Kalau bumbu putih ini isinya ada bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, garam, gula, dan diblender pakai minyak terus ditumis. Bisa kamu gunakan buat masak semur, tumis sayur, rawon, sup, mie goreng, opor, soto, lodeh, empal, dan bihun goreng. 

Bumbu putih ini basic banget, jadi masih bisa kamu tambahin rempah atau pelengkap lain yang kamu suka. Biar lebih awet, selalu simpan di kulkas dan ambilnya pakai sendok bersih. Jadi nggak gampang basi dan bisa kamu jadiin stok. Masak jadi lebih praktis! 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"