Bikin Es Cendol yang Manis dan Segar Diminum Pas Lagi Panas-Panasnya, Yuk!

Bikin Es Cendol yang Manis dan Segar Diminum Pas Lagi Panas-Panasnya, Yuk!

Manis dan segar. Mungkin 2 kata itulah yang bisa digunakan untuk menggambarkan kenikmatan es dawet alias es cendol, salah satu minuman khas dari Indonesia. Cara membuat cendol sendiri bisa dibilang nggak begitu sulit. Bahkan, ada cara membuat cendol tanpa cetakan khusus, lho.

Selain dapat dengan mudah ditemukan di penjual pinggir jalan, es cendol juga bisa kamu buat sendiri di rumah. Tentu saja dengan membuatnya sendiri, cendol yang disantap dijamin lebih higienis dan dapat menyesuaikan takaran gula maupun santannya.

Berikut resep es cendol tanpa cetakan. Dijamin berhasil dan anti gagal! Cobain, yuk!

Ilustrasi Es Cendol (YouTube)

Bahan-Bahan:

50 gr tepung tapioka

120 gr tepung beras

1/4 sdt agar-agar

500 ml air

1/4 sdt garam

1 sdm pasta pandan

1 bungkus santan kara

100 ml air

100 gr gula jawa

100 ml air

Cara Membuat Cendol Tanpa Cetakan:

1. Campurkan tepung tapioka, tepung beras, agar-agar, garam, dan pasta pandan ke dalam teflon dengan 500 ml air. Aduk sampai tidak ada sisa tepung yang menggumpal.

2. Setelah itu, tambahkan pasta pandan, aduk sampai adonan berwarna hijau secara menyeluruh.

3. Masak adonan cendol dengan api kecil. Aduk terus sampai menggumpal dan kalis seperti bubur.

4. Setelah adonan tampak menggumpal, angkat dari teflon, kemudian langsung potong-potong tipis dengan ujung pisau. Jangan menunggu sampai adonan dingin. Sesuaikan ukuran dengan yang kamu inginkan

5. Tempatkan potongan cendol ke dalam air yang diisi es batu supaya cendol dawet cepat memadat dan tidak berubah bentuk. Lakukan sampai semua adonan habis.

6. Sementara itu, siapkan gula jawa dan santan sebagai pelengkap dengan memasak 1 bungkus santan kara atau santan instan yang dicairkan dalam 100 ml air. Aduk sampai tercampur merata dan jangan sampai santan pecah. Setelah mendidih, angkat dan biarkan sedikit dingin.

7. Kemudian, lelehkan gula jawa menggunakan air dengan skala 1:1. Aduk sampai semua gula meleleh menjadi satu dengan air.

8. Sajikan es cendol dawet dengan mencampurkan gula jawa, cendol dawet, dan santan yang telah dibuat. Agar lebih sedap, tambahkan es sesuai selera. Es cendol siap dinikmati.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"