Biar Nggak Kelamaan Di Dapur, Gini Cara Cepat Menyiapkan Bekal Makanan

Biar Nggak Kelamaan Di Dapur, Gini Cara Cepat Menyiapkan Bekal Makanan

Bawa bekal makan siang tuh membawa banyak manfaat lho. Kamu bisa pilih menu yang lebih sehat, bisa lebih irit, dan mengurangi waktu scroll-scroll aplikasi ojek online buat milih menu makanan yang sering bikin bingung ditambah suka over budget. 

Dengan bawa bekal, kamu bisa menyesuaikan dengan menu-menu kesukaan, menyesuaikan budget, dan hemat waktu pula. Yup, kalau dipersiapkan dengan matang, nyiapin bekal tuh bisa cepat kok. Jadi kamu nggak mesti lama-lama di dapur tiap pagi. 

Gimana caranya? Ikutin tips berikut ya! 

(greenhealthycooking.com)

Buat rencana bekal setiap minggu 

Katakanlah setiap hari minggu, kamu ambil waktu untuk mikirin mau makan apa selama seminggu ke depan. Bisa seminggu full atau selama hari kerja aja kalau weekend biasa makan di luar. 

Makanannya apa aja? Bebas sesuai selera dan yang masaknya nggak ribet. Kamu bisa memadukan sayur-sayuran, sumber protein, karbohidrat, sampai cemilan, dessert, atau buah-buahan. 

Biar nggak kebanyakan belanja bahan, kamu bisa mengulang makanan yang sama dalam beberapa hari. 

Contohnya: 

Senin : nasi, ayam goreng, tumis jagung muda. 

Selasa : nasi, capcay goreng plus ayam dan jagung muda. 

Rabu: mie goreng dengan sisa jagung, ayam lada hitam.

(cleanfoodcrush.com)

Belanja sesuai kebutuhan

Kalau udah punya rencana, saatnya belanja. Paling enak sih belanja ke pasar karena kamu bisa beli sayuran atau bumbu-bumbu sedikit aja, misalnya bawang putih, bawang merah, dan cabai cuma Rp5-10 ribu untuk masak seminggu. 

Intinya sih belanjalah sesuai kebutuhan biar nggak ada bahan-bahan yang terbuang. Kamu juga bisa sambil belajar menyesuaikan bahan mentah kira-kira jadinya bakalan seberapa banyak. 

Potong-potong bahan makanan dan simpan di kulkas 

Kalau ada sayur dan buah, kamu bisa potong-potong duluan terus dipisahin ke dalam wadah-wadah dan disimpan di kulkas. Pas mau masak, tinggal dicuci deh. Jadi lebih hemat waktu karena kamu nggak sibuk motong-motong setiap pagi. Bawang-bawangan juga bisa kamu kupas duluan biar lebih cepat masaknya. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"