Benarkah Kolang Kaling Bisa Bantu Turunkan Berat Badan? Begini Penjelasannya Menurut Ahli

Benarkah Kolang Kaling Bisa Bantu Turunkan Berat Badan? Begini Penjelasannya Menurut Ahli

Kolang kaling atau sugar palm fruit ternyata bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Makanan ini merupakan salah satu yang disarankan untuk dikonsumsi saat diet. Di balik fungsinya untuk pelengkap kolak atau es buah, kolang kaling ternyata punya segudang manfaat baik bagi tubuh.

Kolang kaling diketahui mengandung banyak kalsium, fosfor dan mineral. Tak hanya itu, kolang kaling juga merupakan sumber yang kaya vitamin B, vitamin C, zat besi, seng, kalium, kalsium, fosfor, tiamin dan riboflavin. Kandungan lemak kolang kaling juga nol, jadi baik untuk diet.

Kadar serat yang tinggi pada kolang kaling juga bagus untuk usaha menurunkan berat badan. Dengan makan kolang kaling, kamu akan merasa kenyang lebih lama. Sehingga, mencegah makan berlebihan. Kamu juga tidak mudah lapar sehingga asupan makanan lebih terkontrol.

Ilustrasi Kolang Kaling (Grid.ID)

Serat yang tinggi bisa membantu memperlancar pencernaan. Buat kamu yang rutin makan kolang kaling bisa mencegah konstipasi. Sehingga, sangat cocok untuk yang sedang mengalami susah buang air besar. Kolang kaling juga membantu mengatasi masalah peradangan salah satunya pereda radang sendi.

Hal serupa juga diungkap oleh Dosen Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia, Karina Rahmadia Ekawidyani. Dia mengatakan , misalnya dalam 100 gram kolang-kaling sekitar 90 miligram kalsium. Jika dibandingkan dengan susu, dalam 100 ml susu ada 125 miligram kalsium.

Karina juga mengungkapkan, bagi orang yang sedang diet, dibandingkan meminum susu, mengonsumsi kolang-kaling bisa jadi alternatif. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan manfaat kalsium tapi kalori yang masuk ke tubuh lebih sedikit.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"