Bekal Ramadan: 5 Resep Minuman Untuk Sahur yang Sehat dan Praktis, Agar Kuat Puasa Seharian

Bekal Ramadan: 5 Resep Minuman Untuk Sahur yang Sehat dan Praktis, Agar Kuat Puasa Seharian

Asupan air merupakan salah satu kunci penting saat berpuasa. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, kamu tentu bisa menjalani puasa Ramadan dengan lancar tanpa hambatan. Tubuh akan tetap berenergi dan tidak akan mudah lemas.

Selain minum air putih, kamu juga bisa meracik minuman sahur yang dapat mendukung stamina selama berpuasa. Namun minuman sahur  sebaiknya tidak ditambah dengan gula berlebihan. Sebab kadar gula darah yang meningkat justru bisa membuat tubuh lesu.

Jadi sebaiknya minuman-minuman tersebut berasal dari bahan-bahan sehat, seperti kurma, susu, kacang-kacangan hingga rempah-rempah. Berikut ini 5 resep miuman sahur sehat yang praktis dan bisa dibuat di rumah!

1. Resep Susu Kurma Madu

Ilustrasi Susu Kurma Madu (Frisian Flag)

Bahan-Bahan:

- 50 gram Kurma, buang biji

- 250 ml Susu UHT Plain

- 1 sdm Madu

Cara Membuat:

1. Rendam kurma dengan air panas selama sekitar 30 menit. Jika sudah, masukkan kurma yang sudah empuk ke dalam blender. Sementara air sisa rendaman bisa diminum terpisah.

2. Masukkan susu UHT ke dalam blender. Tapi tuang setengah susu dulu lalu haluskan. Jika sudah halus, masukkan lagi susu sisanya dengan madu. Blender hingga rata. Susu kurma bisa langsung disajikan.

2. Resep Susu Jahe

Bahan-Bahan:

- 400 ml Susu Full Cream

- 250 gram Jahe

- 120 gram Gula Merah

- 2 batang Daun Serai, geprek

- 300 ml Air Putih

Cara Membuat:

1. Langkah pertama, olah jahe dengan disikat dan dicuci bersih. Kemudian, bakar dan geprek jahe. Sisihkan terlebih dahulu. Siapkan panci lalu panaskan air putih.

2. Setelah mendidih, masukkan jahe, serai, gula merah, masak dalam api kecil. Matikan api jika air kira-kira tersisa 200 ml. Di panci lain, panaskan susu cukup sampai meletup, sisihkan

3. Sajikan dalam gelas dengan memasukkan setengah gelas susu dan setengah gelas air jahe atau sesuai selera. Susu jahe pun siap dinikmati.

3. Resep Susu Kacang Edamame



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"