Bekal Ramadan: 5 Makanan Yang Bisa Mencegah Haus Saat Puasa Agar Kuat Sampai Maghrib

Bekal Ramadan: 5 Makanan Yang Bisa Mencegah Haus Saat Puasa Agar Kuat Sampai Maghrib

Sebagian orang merasa menahan lapar saat berpuasa lebih mudah ditangani dibandingkan dengan rasa haus. Apalagi saat cuaca terlalu menyengat. Faktanya, banyak minum air ketika sahur ternyata tidak memberikan efek pada rasa haus di siang hari. 

Justru menimbulkan efek samping seperti ingin buang air kecil terus menerus setelah sahur. Rupanya, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Salah satunya dengan konsumsi makanan yang dapat mencegah haus saat puasa. 

Konsumsi makanan itu dengan cukup saat sahur akan memudahkan untuk mengendalikan rasa haus seharian. Lantas apa saja makanan yang bisa menghilangkan haus tersebut? Berikut ini makanan yang bisa mencegah haus saat puasa.

1. Sayur dan Buah

Ilustrasi Sayur dan Buah (Tribunnews)

Sayuran dan buah seperti mentimun dan semangka disarankan untuk dikonsumsi baik pada malam hari maupun ketika waktu sahur. Ini karena sayur dan buah punya kandungan air yang mendominasi sehingga menjaga kadar hidrasi tubuh agar tidak mudah haus selama puasa.

Selain itu, sayur dan buah juga kandungan nutrisi dan vitamin yang membantu sel-sel tubuh tetap sehat serta mengandung serat yang dapat membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama selama berpuasa seharian penuh.

2. Kurma

Buah yang dicontohkan nabi untuk selalu dikonsumsi terutama selama bulan Ramadan ini sudah terkenal dengan manfaat dan khasiatnya yang luar biasa. Kurma ternyata memiliki kalori dan kandungan air yang istimewa. 

Meski ukurannya kecil dan tampak kering, tapi kurma punya cukup kalori dan serat yang membantu tubuh untuk menjaga kelembabannya. Para dokter juga menyebut kurma sebagai buah yang bisa diandalkan menjadi sumber energi. 

3. Kacang Tanah



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"