Bekal Ramadan: 5 Ide Menu Buka Puasa Murah dan Mudah Bikinnya, Yuk Coba Buat di Rumah!

Bekal Ramadan: 5 Ide Menu Buka Puasa Murah dan Mudah Bikinnya, Yuk Coba Buat di Rumah!

Bulan Ramadan  hanya tinggal beberapa hari lagi. Umat Muslim sudah sangat antusias untuk kembali menjalankan ibadah puasa. Ketika tengah berpuasa, pasti kita juga berpikir tentang makanan apa yang akan dimakan saat berbuka dan sahur.

Apalagi buat para mahasiswa atau pekerja yang tengah merantau dan harus menjalani puasa jauh dari rumah. Mau tidak mau, pasti kamu akan mempersiapkan menu yang murah serta meriah ala anak kos namun tetap yang bernutrisi.

Ternyata, menu buka puasa yang sehat itu tidak selalu mahal. Karena ada beberapa ide menu buka puasa sehat yang praktis dan tetap bergizi serta ramah di kantong. Berikut ide-ide menu buka puasa yang murah dan meriah!

1. Rolade Tahu Telur

Menu Rolade Tahu Telur (Kompas)

Bahan-bahan:

- 4 kotak kecil Tahu Kuning

- 2 butir Telur, untuk dadar 

- 2 butir Putih Telur 

- 1 batang Wortel 

- Secukupnya Daun seledri 

- Secukupnya Bawang Merah dan Bawang Putih, haluskan

Bahan Bumbu:

- 1 siung Bawang Putih, haluskan

- Secukupnya Merica

- Secukupnya Garam

- Secukupnya Saus Sambal

- Secukupnya Minyak Goreng

Cara Membuat Rolade Tahu Telur:

1. Siapkan wadah lalu haluskan tahu. Masukkan semua bahan bumbu mulai dari bawang putih yang sudah dihaluskan, merica, garam dan saus sambal. 

2. Kemudian, tambahkan putih telur, wortel, bawang merah, bawang putih dan daun seledri. Lalu aduk sampai semua bahan isisan tercampur rata. Setelahnya, sisihkan.

3. Buat kulit dengan 2 telur dadar. Kemudian, masukkan isian ke dalam kulit, lalu gulung. Kukus kurang lebih 30 menit. Jika sudah, angkat dan potong-potong agar lebih mudah disantap.

4. Kamu bisa langsung menghidangkan rolade tahu telur tersebut. Tapi selain itu, kamu juga bisa menggoreng rolade terlebih dahulu sampai kecoklatan.

2. Sup Telur

Bahan-bahan:

- 2 butir Telur

- 1 batang Daun Bawang, iris tipis

- 2 siung Bawang Putih, cincang

- 1 buah Tomat, potong dadu

- Secukupnya Garam

- Secukupnya Kaldu Bubuk 

- Secukupnya Lada Bubuk

- Secukupnya Air

- Secukupnya Minyak Goreng

Cara Membuat Sup Telur:

1. Tumis bawang putih bersama daun bawang sampai harum. Kalau sudah, masukkan tomat dan tumis lagi hingga matang. Kemudian, tuang air secukupnya. Diamkan sampai air mendidih.

2. Kocok telur di mangkuk lalu tuang ke dalam kuah yang sudah mendidih. Biarkan 1 menit agar telur agak matang, aduk rata. Masukkan garam, kaldu, dan lada bubuk secukupnya sesuai selera.

3. Bihun Goreng



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"