Ayam KFC Jadi Makanan Favorit Orang Jepang Tiap Hari Natal, Tau Gak Kenapa?

Ayam KFC Jadi Makanan Favorit Orang Jepang Tiap Hari Natal, Tau Gak Kenapa?

Ayam KFC  ternyata menjadi makanan favorit orang Jepang  setiap perayaan Natal. KFC di Jepang harus melayani banyak pelanggan di tanggal 24 Desember dan 25 Desember. Dibandingkan hari biasa, KFC Jepang mampu menjual sekitar 5 – 10 kali jumlah porsi dibandingkan hari-hari biasa.

Salah seorang warga Jepang yang tinggal di Hokkaido menyatakan memang menjelang Natal tiba, iklan KFC diputar di TV sehingga menarik perhatian banyak warga Jepang. “Kami memesan lebih awal dan datang ke restoran pada waktu yang ditentukan untuk mengambil makanan kami,” ujarnya dilansir dari Liputan6.

Alasan banyak orang Jepang makan ayam KFC ternyata terkait soal sejarah. Setelah Perang Dunia ke-II, ekonomi Jepang bangkit. Banyak orang Jepang memiliki banyak uang dan menikmati makanan-makanan di sebuah restoran asing yang mulai  masuk di Jepang seperti Basin-Robbins, Mister Donut, dan The Original Pancake House.

Ayam KFC Jadi Makanan Favorit Orang Jepang Tiap Hari Natal (BINUS UNIVERSITY)

Termasuk kehadiran KFC dari Amerika Serikat sebagai bagian representasi dari modernisasi Jepang yang dipengaruhi oleh budaya Amerika. Amerika menjadi negara yang banyak menginspirasi orang Jepang, mulai dari cara berpakaian dan makanan.KFC pertama di Jepang dibuka pada 1970 di kota Nagoya.

Sementara itu hari Natal adalah hari libur di Jepang. Meskipun sedikit orang Jepang yang merayakan Natal tetapi Natal membuat orang Jepang untuk berkumpul dengan keluarga dan banyak orang Jepang memilih KFC sebagai salah satu menu yang tepat disantap saat berkumpul dengan keluarga itu.

Salah satu petinggi KFC di Jepang bernama Takeshi Okawara pernah melakukan gerakan besar bahwa ayam KFC adalah makanan yang paling tepat dikonsumsi saat hari Natal tiba. Okawara berharap makan malam yam goreng KFC saat natal adalah momen terbaik. KFC di Jepang juga pernah melakukan strategi dengan menyebut “Kurisumasu ni wa Kentakkii atau “Kentucky untuk Natal”.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"