Aneka Resep Ayam Bumbu Rujak Mudah dan Lezat, Yuk Dicoba

Aneka Resep Ayam Bumbu Rujak Mudah dan Lezat, Yuk Dicoba

Daripada masak ayam itu-itu aja, coba deh bikin ayam bumbu rujak. Yuk intip resepnya.

Kalian bosen makan ayam dengan dimasak itu-itu aja? Biar lebih bervariasi, coba deh masak ayam bumbu rujak. Resepnya mudah kok, nggak susah. Kalian semua pasti bisa masak dengan enak.

Ayam bakar bumbu rujak (Okezone.com)

Berikut 2 resep ayam bumbu rujak yang bisa kalian coba di rumah:

1. Resep ayam bumbu rujak tanpa santan

1. Resep ayam bumbu rujak tanpa santan Ayam bakar bumbu rujak tanpa santan (notepam.com)

Bahan-Bahan:

1 ayam yang udah dipotong jadi 8 bagian
5 cabai rawit merah
1 sdm air asam
1 daun serai yang dimemarkan
1 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
10 cabai merah keriting
6 bawang merah
4 siung bawang putih
6 kemiri yang udah disangrai
1 terasi ABC
Gula merah sedikit saja
Jahe secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya
Air secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara memasak ayam bumbu rujak tanpa santan:

-Langkah pertama, ayam langsung digoreng aja. Bikin sampai warnanya kecokelatan.

- Semua bumbu di atas langsung dihaluskan aja, kecuali daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan air.

- Abis bumbu rujak siap, panaskan minyak gorengnya. Tumis sampe bahan-bahannya tercium aroma yang sedap. Masukkan ayam, air, dan juga kaldu bubuknya. Kalau airnya kurang, tambahin aja nggak apa-apa.

- Aduk bumbu rujak secara teratur. Harap nggak usah terlalu sering mengaduk, ya. Nanti dagingnya hancur. Apalagi kalo kalian masak daging ayam boiler.

- Setelah airnya agak mengering, angkat dan sajikan di atas piring. Paling nikmati itu kalau dimakan pada waktu hujan.

2. Ayam bakar bumbu rujak

2. Ayam bakar bumbu rujak Ayam bakar bumbu rujak (dapurkobe.co.id)

Bahan-bahan utama:

1 kg ayam yang udah dipotong jadi 8 bagian
6 cabai merah besar
5 bawang merah
5 butir kemiri
1 ruas kunyit seukuran jari
3 cabai rawit
5 siung bawang putih

Bahan pelengkap:

4 lembar daun jeruk purut
Minyak secukupnya saja
200 ml air
Merica secukupnya
1/2 buah jeruk nipis
Bumbu rujak buah (buat pelengkap)
Lele yang udah digoreng seperlunya (buat pelengkap)
Gula merah secukupnya
5 sdm kecap
Garam secukupnya
1 daun serai yang udah dimemarkan
1 ruas jahe seukuran jari

Cara memasak ayam bakar bumbu rujak:

- Cuci ayam yang udah dipotong-potong.

- Campurkan setengah sendok merica bubuk, 1 sdt garam, dan perasan jeruk nipis.

- Balurkan secara merata ke seluruh tubuh ayam.

- Diamkan selama 15-20 menit.

- Haluskan bumbu di atas.

- Panasin minyak goreng sebentar aja. Tumis bumbu di atasnya hingga tercium aroma yang sedap.

- Ayam yang didiamkan tadi langsung aja masukin ke bumbu tumisan.

- Aduk-aduk sampai merata. Tambahin kecap, air, garam, dan gula bergantian. Cicipi udah pas atau belum.

- Aduk secara teratur sampai airnya berkurang dan menyisakan bumbu yang mengental.

- Bakar ayam pakai arang. Sambil dibakar, balurkan bumbu rujak yang mengental itu ke seluruh permukaan daging. Begitu terus sampe matang.

- Sajikan bareng lele goreng di piring. Biar rasanya makin mantap, tambahin juga bumbu resep yang biasa buat bikin rujak buah.

Itulah dua resep ayam bumbu rujak yang bisa kalian coba dirumah. Selamat memasak, gengs!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"