Aneka Kue Kering Lebaran: Begini Resep yang Enak

Aneka Kue Kering Lebaran: Begini Resep yang Enak

Pengin tau resep aneka kue kering lebaran yang enak? Ya ini....

Kalau sedang lebaran tentunya bakalan ada tamu tuh di rumah kita, entah dari sanak saudara maupun tetangga.

Nah, hal yang harus disiapkan adalah jajanan, salah satunya adalah kue kering khas lebaran. Daripada beli, mending buat deh. Begini resep aneka kue kering lebaran.

Sagu Keju Choco

Sagu Keju Choco Sagu Keju Choco (cookpad.com)

Kebayang gak sih gimana rasa kombinasi dari sagu, keju, dan cokelat? Waduh pasti nendang banget tuh di mulut kan?

Bahan-bahan:

  • 80 gr Keju Edam 
  • 600 gr Tepung Sagu, Sangrai sampai ringan. Dinginkan
  • 100 gr Tepung Terigu
  • 200 gr DCC -+ 2 kg
  • 150 gr Margarine 
  • 150 gr Butter 
  • 250 gr Gula Halus
  • 2 btr Telur utuh
  • 200 gr Keju Chedar Parut 

Langkah pembuatan:

  • Pertama, kocok Margarine, Butter, Gula Halus sampai tercampur rata. Cukup 2 menitan. Masukan Telur, kocok lagi sampai rata.
  • Selanjutnya, masukin 2 macam keju parut, aduk pakai spatula, masukan 2 macam tepung. Ulen sampai rata.
  • Ketiga, bentuk bulat-bulat, panggang 140°C kurleb 30 menit, kecilkan api 120°C, panggang lagi sampai keluar bintik2 kuning dr kejunya. Tandanya dalamnya sudah matang. Jangan lupa loyangnya sesekali diputar, supaya matangnya merata.
  • Terakhir, setelah matang, dinginkan. Taruh di cup kertas, beri coklat leleh dan hias dengan spikel. Masukan ke kulkas sebentar, setelah cokelat beku, masukkan ke dalam stoples kedap. Siap makan deh!

Nastar Sederhana

Nastar Sederhana Nastar (romadecade.id)

Nastar itu emang jadi makanan renyah wajib yang harus ada di kala lebaran. Daripada beli, mending buat sendiri deh. cobain cara ini.

Bahan-bahan:

  • 350 g palmia royal
  • 80 /100 g gula halus
  • 2 btr kuning telur
  • 500 g tepung terigu ayak
  • 1 sachet susu bubuk Dancow
  • 1 sdm munjung maizena
  • Secukupnya vanili

Isian:

  • Secukup selai nanas

Olesan:

  • 1 btr kuning telur
  • 1 SDM minyak goreng
  • Sedikit keju parut buat taburan di atas

Langkah pembuatan:

  • Pertama, kocok mentega dan gula halus, sebentar saja, kemudian masukkan kuning telur,kocok lagi sampai tercampur rata saja.
  • Kedua, Kemudian masukkan terigu,susu bubuk dan maizena.aduk sampel tercampur rata. Campur bahan olesan, sisihkan.
  • Kemudian, ambil adonan sedikit lalu isi selai kemudian bulatkan, tata di loyang.
  • Lalu, olesi kuning telur dan taburi keju di atasnya sebagai hiasan aja. Panggang sampai matang. Dan sajikan deh!

Kue Kacang

Kue Kacang Kue kacang (dapurlagi.blogspot.com)

Kalau orang-orang jadul pasti tau yang namanya kue kacang, sampai sekarang kue tersebut masih banyak yang menyukainya lho.

Bahan-bahan:

  • 500 gr tepung terigu protein rendah/ sedang (kunci/segitiga)
  • 250 gr gula halus 
  • 250 gr kacang tanah
  • 250 ml minyak goreng
  • 1/2 sdt garam

Bahan olesan:

  • 2 butir kuning telur
  • 2 sdm minyak goreng
  • 2 sdt susu kental manis 

Langkah pembuatan:

  • Pertama, sangrai/goreng kacang tanah sampai kecoklatan. Lalu kupas kulitnya apabila tidak dikupas juga bisa, tapi hasilnya kurang cantik karena adonan berwarna agak gelap, lalu blender.
  • Kemudian, di wadah lain masukkan terigu, kacang tanah yang sudah diblender, gula halus, garam, minyak. Uleni sampai kalis.
  • Ketiga, panaskan oven dengan api kecil dan oles loyang dengan margarin tipis-tipis.
  • Keempat, siapkan plastik agak lebar. Ambil secukupnya adonan. Lalu gilas lebar dengan ketebalan 1/2 cm. Cetak.
  • Kelima, tata di loyang, oles dengan bahan olesan. Tambah dengan taburan wijen.
  • Selanjutnya, panggang selama 30 menit atau sampai matang. Dengan api kecil, keluarkan dari oven, Biarkan dingin di atas loyang.
  • Terakhir, biarkan dingin, lalu tata dalam wadah tertutup atau toples.

Jadi itulah beberapa resep aneka kue kering lebaran yang akan mewarnai hari lebaran bersama keluarga, selamat mencoba.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"