Alasan Banyak Lambang Restoran Cepat Saji Pakai Warna Merah

Alasan Banyak Lambang Restoran Cepat Saji Pakai Warna Merah

Restoran cepat saji  atau fast food di dunia seperti KFC, McD, Burger King, hingga Pizza Hut memiliki lambang yang unik. Brand makanan itu memiliki lambang yang identik dengan warna merah . Tentu hal itu bukan tanpa alasan karena lambang atau logo tersebut bukan sebuah kebetulan.

Dilansir dari Kumparan, ternyata warna merah itu merupakan sebuah strategi yang digunakan perusahaan untuk menarik perhatian dari pelanggan. Dari sekian banyak warna memang akhirnya warna merah dipilih karena warnanya yang mencolok dibandingkan warna-warna lainnya.

Seorang manusia rata-rata dapat melihat sepuluh juta warna, tetapi warna merah merupakan warna spesial. Kebetulan warna merah ternyata menjadi salah satu warna yang digunakan oleh nenek moyang manusia itu sendiri. Di zaman purbakala tidak mengenal huruf atau tulisan, sehingga hanya beberapa warna yang digunakan, salah satunya warna merah.

Alasan Banyak Lambang Restoran Cepat Saji Pakai Warna Merah (Tribunnews.com)

Makanya warna merah menjadi salah satu warna yang akrab diingat oleh manusia, tentu selain dua warna yang juga terkenal yakni hitam dan putih. Seorang peneliti juga telah mengemukakan pendapat bahwa warna merah bisa meningkatkan selera seseorang untuk makan. Jika lihat logo restoran cepat saji, langsung kepikiran untuk membelinya dan makan.

Kekuatan pada warna merah dalam logo tersebut bisa menarik pelanggan lapar untuk menginginkan makanan dalam waktu yang cepat. Warna merah tak sekedar untuk tanda biasa melainkan sebuah strategi untuk bisa merangsang otak manusia, terutama terkait soal kebiasaan makan.

Warna merah sengaja dipilih para pelaku bisnis restoran cepat saja karena mudah dikenali, familiar, dan memiliki kesan positif ketika dilihat pertama kali oleh manusia. Bicara tentang warna merah yang dianggap citra positif ternyata sudah terjadi di Inggris ketika Ratu Elizabeth memerintah di tahun 1558 – 1603. Ia memerintahkan warna merah hanya boleh digunakan oleh bangsawan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"