Ada Temuan Manfaat Baru Lho dari Wedang Jahe atau Minuman Sejenisnya

Ada Temuan Manfaat Baru Lho dari Wedang Jahe atau Minuman Sejenisnya

Ada temuan manfaat baru lho dari wedang jahe atau minuman sejenisnya buat tubuh. Apa aja sih? Simak kuy gengs.

Kalian pernah minum wedang jahe? Atau beli minuman sejenisnya macem bandrek, ronde, wedang secang, dan sejenisnya?

Yak, minuman itu telah lama dianggap sebagai minuman berkhasiat untuk mengatasi radang, demam, serta mengatasi rasa kedinginan. Terus, ada manfaat lainnya gitu?

Apa sih manfaat lain dari wedang jahe? (thehealthytart.com)

Seperti dikutip dari Kompas.com, sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal "Cell Host Microbes" tahun 2018 lalu mengungkap bahwa minuman hangat itu punya khasiat lebih besar dari yang diduga loh!

Kandungan jahe dalam minuman itu ternyata bisa memengaruhi keseimbangan mikrobiota dalam saluran pencernaan manusia. Karena itu, minuman tersebut bisa membantu mencegah peradangan dinding usus dan melancarkan metabolisme.

Huang Ge Zhang, pakar mikrobiologi dari Universitas Louisville, Texas, meneliti vesikula ekstraseluler pada (ELN) akar jahe. Dia menemukan banyak sekali mikro RNA dalam vesikula tersebut.

Ternyata manfaat lainnya ada segudang gengs (nelliebellie.com)

Zhang kemudian memurnikan ELN jahe itu dan memberikannya pada tikus putih sebagai makanan. Zhang akhirnya mendapati bahwa saluran pencernaan tikus putih itu menjadi lebih kaya dengan zat Lactobacillus, terutama Lactobacillus rhamnosu.

Zhang pun sempat mencekoki tikus-tikus itu dengan zat tadi. Kemudian terungkaplah bahwa luka pada kelompok tikus yang diberi EL jahe bisa sembuh dengan cepat. Sementara kelompok tikus lainnya yang nggak dikasih zat itu ya tetep aja begitu.

Menurut Zhang, mikro-RNA pada ELN jahe mempengaruhi ekspresi gen mikrobiota dalam tubuh. Salah satunya ya memicu produksi enzim yang memicu ekspresi sitokin IL-22 yang tak lain adalah senyawa yang membantu perbaikan dinding saluran cerna.

Pokoknya, ini minuman tradisional yang oke banget deh (benankmerah.co)

Penelitian yang dilakukan oleh Zhang ini dilakukan karena Zhang sering banget tuh dikasih wedang jahe sama ibunya waktu dia masih kecil. Begitu tau manfaatnya yang nggak kalah hebat dari yogurt, ada baiknya kita sama-sama minum wedang jahe deh gengs.

Murah, gampang didapat, anget, manfaatnya banyak pula. Oke.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"