7 Jenis Soto Di Indonesia Yang Jarang Diketahui Tapi Punya Rasa Gak Kalah Nikmat, Mana Sudah Kamu Cicipi?

7 Jenis Soto Di Indonesia Yang Jarang Diketahui Tapi Punya Rasa Gak Kalah Nikmat, Mana Sudah Kamu Cicipi?

Jenis soto di Indonesia sangatlah beragam. Soto merupakan makanan khas Nusantara yang mana setiap daerah mengembangkan menu soto sesuai kekayaan sumber daya alam lokal. Namanya pun disesuaikan dengan bahasa setempat. Tidak ada resep baku yang sama dalam pembuatan soto.

Hanya saja, setiap soto dibuat dengan memakai protein hewani untuk menambah nutrisi serta sayuran yang kemudian disiram kuah. Soto merupakan salah salah satu dari lima kuliner nasional Indonesia yang jadi duta diplomasi gastronomi. TasteAtlas bahkan menasbihkan soto sebagai sup terenak di dunia pada 2023.

Tapi mungkin banyak dari kamu hanya tahu soto-soto yang sudah populer seperti soto ayam, soto Betawi, soto mie Bogor, soto kwali, soto banjar hingga soto Lamongan. Padahal sebenarnya, masih banyak soto yang jarang diketahui tapi punya rasa yang gak kalah nikmat. Apa saja soto itu? Berikut penjelasannya!

1. Soto Kebumen

Soto Kebumen (IDN Times)

Jenis soto ini dikenal dengan nama soto Tamanwinangun karena merupakan khas dari Desa Tamanwinangun, Kebumen, Jawa Tengah. Soto Kebumen ini biasa disajikan bersama dengan tauge, potongan ketupat serta daging dengan kuah santan. Adapun keunikan soto ini terletak pada daging unggas yang digunakan. 

2. Soto Lampung (Soto Mie Udang)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"