5 Makanan yang Bisa Bikin Mood Bagus dan Kembali Bersemangat

5 Makanan yang Bisa Bikin Mood Bagus dan Kembali Bersemangat

Suasana hati pada orang dewasa muda tampaknya dipengaruhi oleh konsumsi daging dan olahraga. Sedangkan pada orang dewasa yang matang, tingkat oksidan dalam tubuh yang meningkat bisa menyebabkan risiko gangguan mental yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, makanan antioksidan seperti buah-buahan seperti blueberry sangat dianjurkan. Orang dewasa yang matang sebaiknya menghindari makanan yang mengaktifkan 'respons stres' seperti kopi dan makanan manis.

Berikut 5 makanan yang bisa meningkatkan mood kamu:

1. Chicory

Chicory (deliciousmagazine.com)

Sawi putih mengandung inulin tingkat tinggi, prebiotik luar biasa yang memberi makan bakteri probiotik baik di usus kita. Seperti yang disebutkan sebelumnya, usus adalah tempat utama produksi serotonin, jadi usus yang sehat sangat penting untuk zat kimia otak yang seimbang. Inulin membantu produksi hormon pengontrol nafsu makan, mencegah makan berlebihan dan mengurangi kelesuan dan kembung.

Chicory juga mengandung beta-karoten, antioksidan luar biasa yang meningkatkan produksi sel otak, melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah penurunan kognitif.

Sayuran membantu meningkatkan produksi dopamin dan serotonin yang efisien untuk suasana hati, kecemasan dan manajemen stres serta meningkatkan fungsi otak, konsentrasi, dan memori jangka panjang.

2. Kunyit

Selama bertahun-tahun saffron telah dikenal untuk mengatur tingkat neurotransmiter di otak (serotonin dan dopamin). Hal ini membuat saffron menjadi antidepresan alami, pereda kecemasan, dan penggerak tidur.

Dianjurkan agar dikonsumsi dalam bentuk stigma utuh karena versi bubuk mungkin lebih lemah dan tidak memiliki khasiat yang kuat.

3. Kefir



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"