5 Jenis Sambal Khas Nusantara Yang Pedes Tapi Nikmatnya Bikin Nagih

5 Jenis Sambal Khas Nusantara Yang Pedes Tapi Nikmatnya Bikin Nagih

Orang Indonesia tuh punya kebiasaan makan harus ada sambalnya. Udah gitu, sambal juga bukan cuma buat nambahin rasa pedas ke makanan aja lho, tapi nambah kenikmatan dan bikin nafsu makan juga meningkat. 

Kalau buat sambal rumahan yang umum sih pasti kamu udah tau dong sambal terasi, sambal bawang, sambal korek, dan sambal kecap dengan irisan cabe? 

Nah, sambal tuh nggak cuma itu lho. Berbagai daerah di Indonesia punya jenis sambal masing-masing yang khas banget dan beda dari tempat lainnya. Ya udah pasti bahan utamanya sih ada cabe, tapi bumbu pelengkap dan bahan lainnya yang bikin variasinya makin beragam.

Yuk kita lihat ada sambal apa aja sih emangnya dan mana yang kamu paling suka?

Sambal matah

Terkenal di Bali, sambal matah ini unik banget deh. Soalnya bukan tipe sambal yang dimasak dan diulek. Jadi, sambal ini terdiri dari irisan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kecombrang, daun jeruk, serai, tambahin sedikit garam dan gula, terus disiram pake minyak panas.

Sambal roa

Sambal roa Sambal khas Manado (id.tastemade.com)

Sambal khas Manado ini juga khas banget. Soalnya, sambal ini adalah campuran dari cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, dan dimasak bareng ikan roa panggang. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"