5 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Demam Menyerang, Nomor 2 Bisa Memicu Peradangan

5 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Demam Menyerang, Nomor 2 Bisa Memicu Peradangan

Demam  merupakan salah satu masalah kesehatan yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, jamur dan parasit. Akan tetapi yang perlu diketahui, demam adalah cara alami tubuh untuk menyingkirkan virus dan kuman lainnya yang menginfeksi tubuh. Demam pun tidak jarang membuat penderitanya kehilangan selera makan. 

Pasalnya, suhu tubuh yang meningkat akan membuat badan menggigil, banjir keringat sampai mulut terasa pahit. Hal ini yang membuat penderitanya tidak berselera untuk makan. Padahal asupan makanan yang sehat sangatlah penting untuk tubuh melawan infeksi. Oleh karena itu, kita mesti tahu makanan apa saja yang bisa dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi saat mengalami demam. Simak daftarnya berikut ini yuk!

1. Asupan tinggi gula

Foto: Demam (Alodokter)

Makanan dan minuman tinggi gula sebaiknya dihindari saat demam. Pasalnya, gula olahan seperti gula pasir yang ditambahkan ke minuman dan makanan bisa menyebabkan peradangan di dalam tubuh. Peradangan tidak terkontrol ini juga lah yang bisa mengganggu respon sistem daya tahan tubuh. Maka dari itu, hindari makanan penutup seperti aneka kue, roti, permen, es krim atau segala jenis minuman yang manis saat kamu demam.

2. Minuman berenergi

Sebagian besar minuman pembangkit energi pasti mengandung gula tambahan. Saat demam, kandungan gula tersebut bisa menyebabkan peradangan pada sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu sebaiknya hindari minuman yang mengandung gula tinggi. Baiknya konsumsi cairan mineral melalui air, buah dan sup hangat untuk menghindari demam tidak semakin memburuk. 

3. Kopi, Teh, Coklat dan Soda



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"