10 Kesalahan Umum saat Memasak Bayam, Bikin Nutrisinya Hilang Sia-sia Lho Bund!

10 Kesalahan Umum saat Memasak Bayam, Bikin Nutrisinya Hilang Sia-sia Lho Bund!

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang disukai sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain mudah ditemukan dan ditanam, bayam juga mengandung banyak vitamin, nutrisi, serta mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, agar kandungan gizi pada bayam tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal, tentunya harus diperhatikan pula cara mengolah dan memasaknya. Oleh karena itu, hindari beberapa kesalahan dalam memasak bayam yang mungkin masih sering Bunda lakukan. Simak di bawah ini, ya!

1. Terlalu lama (lebih dari dua hari) menyimpan bayam. Sebaiknya bayam segera dimasak setelah dibeli atau dipetik.

2. Mencuci bayam sebelum dipotong kecil-kecil memungkinkan kotoran masih menempel di sela-sela batang atau daunnya.

3. Mencuci bayam sebelum dimasukkan ke kulkas menyebabkan cepat layu dan busuk. Cukup potong akarnya, lalu masukkan ke wadah kedap udara.

Kesalahan Umum saat Memasak Bayam, Mencuci Bayam (Mencuci Bayam)

4. Menyamaratakan cara mengolah semua jenis bayam. Padahal cara mengolah bayam cabut, bayam petik, bayam merah, dan baby spinach itu berbeda-beda, lho.

5. Merebus bayam (misalnya untuk sayur bening) terlalu lama bisa membuat nutrisi dan mineralnya berkurang. Bunda cukup merebusnya selama 2-3 menit aja.

6. Memasak bayam dengan krim, susu, atau keju juga tidak dianjurkan karena akan menghilangkan kandungan zat besi dalam bayam.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"