Tahu Nggak Sih, Kalau Hotel yang Ada Kamar Khusus untuk Nyi Roro Kidul Pembangunannya Berasal dari Kaisar Jepang

Tahu Nggak Sih, Kalau Hotel yang Ada Kamar Khusus untuk Nyi Roro Kidul Pembangunannya Berasal dari Kaisar Jepang

Hotel  Inna Samudra Beach yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat sejak dulu dikenal memiliki kamar khusus nomor 308 yang digunakan sebagai tempat khusus untuk Nyi Roro Kidul . Ternyata pembangunan hotel tersebut ada andil dari Kaisar Jepang.

Dilansir dari channel YouTube Kisah Tanah Jawa, praktisi retrokognisi yang dikenal dengan nama Om Hao menceritakan bahwa hotel tersebut bisa berdiri setelah mendapatkan dana hibah dari pihak Jepang. 

“Kekaisaran Jepang merasa bersalah sudah menjajah Indonesia selama 3,5 tahun, mereka meminta maaf dan sebenarnya ingin memberikan uang untuk pemerintah Indonesia,” kata Om Hao.  Namun Presiden pertama Indonesia, Soekarno menolak tawaran itu.

Hotel Inna Samudra Beach di Sukabumi (Wikipedia)

Soekarno menolak karena enggan menerima uang meskipun jumlahnya cukup besar. Soekarno meminta pihak Jepang untuk dibuatkan beberapa bangunan di Indonesia, hingga akhirnya dibangun beberapa Hotel yang terdapat di Sukabumi, Jakarta, dan Yogyakarta.

“Akhirnya dibuatkan hotel besar, kalau di Jakarta itu di Bundaran HI yang terkenal (Hotel Indonesia-red), karena hotel-hotel tersebut memiliki karakteristik bangunan yang sama dalam hal desain bangunan,” ceplos Om Hao.

Proses pembangunan hotel-hotel itu berlangsung selama tiga tahun dari 1962 hingga 1965. “Untuk yang di Sukabumi namanya dikaitkan dengan lautan (Samudra Beach-red),” tambah Om Hao.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"