Selain Angker, Ini Sisi Lain Jalan Alas Roban di Jawa Tengah yang Ditakuti Para Pengemudi

Selain Angker, Ini Sisi Lain Jalan Alas Roban di Jawa Tengah yang Ditakuti Para Pengemudi

Mendengar nama Alas Roban  pasti akan berpikir sebuah jalan yang berada di Jawa Tengah dengan kondisi jalan yang berbahaya, karena berada di dalam hutan dan memiliki banyak jurang di beberapa titik pinggir jalan. 

Nama Alas Roban juga dikaitkan dengan sisi mistis yang menjadi mitos sejak dulu, mulai dari mitos hantu Sundel Bolong, kerajaan gaib, hingga cerita pengemudi yang diganggu penunggu jalan tersebut.

Selain angker, berikut ini sisi lain dari jalan Alas Roban yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Tidak ada salahnya sebelum menjajal kawasan tersebut, baca artikel ini dulu ya biar siap mental.

Jalan Alas Roban (Merdeka.com)

1. Dibangun di Zaman VOC

Jalan ini dibangun pertama kali sejak zaman VOC dengan usul dari Gubernur Herman Willem Daendels. Sebagai jalan yang menghubungkan wilayah Jawa Tengah di pesisir utara, tak ayal banyak warga setempat yang dipaksa membangun jalanan ini dengan kerja rodi. Makanya banyak orang yang meninggal dunia saat proses pembangunan ini.

2. Lokasi Alas Roban

Lokasi Alas Roban berada di kawasan Batang, Jawa Tengah. Alas Roban terdiri dari Alas Roban bagian barat dan timur. Untuk Alas Roban barat berbatasan dengan wilayah Pekalongan, sementara untuk bagian timur dengan Kendal. Jalanan ini masuk dalam wilayah pantura atau pantai utara.

3. Mulai Ditinggal Pengendara

Pembangunan jalur tol Transjawa membuat pesona Alas Roban tak seperti dulu. Sekarang pengemudi lebih suka melewati jalan tol karena lebih cepat dan lebih aman dibanding lewat Alas Roban. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"