Secara Bahasa Qorin Artinya Sahabat, Apakah Termasuk Jin Baik?

Secara Bahasa Qorin Artinya Sahabat, Apakah Termasuk Jin Baik?

Sebelum masuk kedalam tema pembahasan kali ini, mungkin kita akan mulai dengan pengetahuan asal muasal Qorin itu sendiri. Menurut sejarahnya Qorin sendiri udah sering dipakai untuk menyebutkan pendamping manusia. Katanya semua orang punya Qorin. Sebenarnya apa sih Qorin ini? Apa benar tugasnya untuk menjaga manusia?

Kata Qorin secara bahasa berarti sahabat atau orang yang menyertai. Dalam tafsir Ibn Katsir dinyatakan bahwasanya Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu, Mujahid, Qatadah dan beberapa ulama lainnya mengatakan, “Yang menyertai manusia adalah setan yang ditugasi untuk menyertai manusia.” (Tafsir Ibnu Katsir, 7:403). Dapat dikatakan juga Qorin adalah semacam doppelganger bagi setiap manusia yang hidup di muka bumi ini.

Secara bahasa Qorin artinya sahabat tapi ini dari kalangan jin (amc.com)

Kalau kalian pernah melihat atau nonton pemanggilan arwah, terus arwahnya ditanya bagaimana semasa hidupnya. Sebenarnya yang menjawab itu bukan roh asli dari manusia. Tapi Qorin yang menyertainya dari lahir hingga mati. Jadi dia tahu banget bagaimana kehidupan dan sifat manusia yang dijaganya itu.

Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” Para sahabat bertanya, “Termasuk Anda, wahai Rasulullah?”

Beliau menjawab, “Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karen itu, dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik.” (HR. Muslim)

Tugas Qorin sebenarnya adalah menyesatkan manusia (thedailybeast.co)

Jin Qorin ini tugas utamanya adalah menyesatkan manusia dan membisikkan was-was. Jadi dia bukan sahabat yang baik juga bukan jin yang baik. Tapi manusia aslinya lebih kuat daripada Qorin ini. Jika imannya baik makan dia gak akan bisa disesatkan sama Qorin.

Dikutip dari tribunnews.com “Berdasarkan perenungan terhadap berbagai dalil dari Alquran dan sunah dapat disimpulkan bahwa tidak ada tugas bagi jin qorin selain menyesatkan, mengganggu, dan membisikkan was-was. Godaan jin qorin ini akan semakin melemah, sebanding dengan kekuatan iman pada disisi seseorang.”

Udah jelas banget kan kalau Qorin ini bukan termasuk jin baik. Meski secara bahasa artinya sahabat. Jadinya sahabat yang setia menyesatkan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"