Penampakan Kuyang di Cileungsi, Nyata atau Editan?

Penampakan Kuyang di Cileungsi, Nyata atau Editan?

Sebuah video diduga penampakan kuyang di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat viral di TikTok. Adalah akun TikTok @themonkdoank mengunggah video berdurasi tak sampai satu menit. Dalam video itu terlihat sesosok mirip kuyang melayang di depan pintu sebuah rumah. Di dalam rumah terdapat beberapa orang yang ketakutan sembari membacakan doa-doa untuk mengusir kuyang.

“Kuyang di Cileungsi. Katanya di dalam rumah lagi ada bayi, jadi gak berani buka pintunya, yang punya mata batin tolong lihat ini kuyang asli apa kuyang kasih yayang,” tulis akun TikTok tersebut. Memang jika diperhatikan sosok yang melayang memang mirip dengan kuyang. Suasana makin mencekam karena kejadian itu terjadi pada malam hari.

Sejumlah warganet pun langsung bereaksi di kolom komentar. Ada warganet yang memang tinggal di Cileungsi dan mengetahui soal kemunculan kuyang di daerah tersebut. “Iya aku orng Cileungsi kmren rme bgt ada kuyang trnyata beneran,” tulisnya. 

Tapi ada juga sejumlah warganet yang tak percaya jika sosok yang melayang di luar rumah itu adalah kuyang. Karena kuyang dikenal sebagai makhluk jadi-jadian yang biasanya muncul di Kalimantan. “Jauh bgt kuyang nya terbang dari kalimantan ke cileungsi,” tulisnya. “Kuyang dulu bukanlah yang sekarang,” tambah warganet lain.

Kuyang di Cileungsi (TikTok @themonkdoank)

Jika benar, kuyang di Cileungsi tersebut diduga akan memakan bayi yang ada di dalam rumah.Kuyang kabarnya adalah sosok manusia jadi-jadian yang memakan bayi hidup-hidup.Bahkan kuyang juga suka mengganggu wanita hamil karena mau menyantap bayi yang ada dalam kandungan.

Kuyang akan menghisap darah untuk menambah kekuatan ilmu hitam yang dijalaninya. Manusia yang menjadi kuyang melakukan perjanjian untuk mendapatkan sesuatu yang mau dicapainya, seperti kesehatan, awet muda, dan mendapatkan ilmu sakti. Darah bayi yang dihisap kuyang seperti tumbal supaya tujuannya bisa tercapai.

Menurut informasi beredar ada beberapa cara untuk mencegah atau mengusir kuyang dari rumah. Seorang dari Kalimantan menyebut jika kuyang tkut dengan ranting tanaman. Banyak orang Kalimantan yang mengejar kuyang dengan memakai ranting.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"