Ngeri! Kisah Misteri Gunung Lawu, dari Pertapaan Sampai Pasar Setan

Ngeri! Kisah Misteri Gunung Lawu, dari Pertapaan Sampai Pasar Setan

Berani mendaki Gunung Lawu? Pastikan kamu tahu fakta menarik plus misteri Gunung Lawu dulu!

Pendaki gunung pasti udah nggak asing lagi dong sama yang namanya Gunung Lawu. Lokasi gunung dengan ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut ini ada di antara tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Apa kamu pernah mendaki gunung ini? Soalnya banyak kisah menarik lho yang ada di gunung ini, mulai dari daya tariknya, pemandangannya, sampai kisah misteri. 

Daya tarik Gunung Lawu

Daya tarik Gunung Lawu Gunung Lawu (gunung.id)

Kalau kamu mau mendaki Gunung Lawu, ada tiga puncak yang bisa kamu daki, yaitu Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah. Di lereng gunungnya pun banyak tempat wisata yang populer, misalnya Tawangmangu, Cemorosewu, dan Sarangan. 

Selain itu, ada komplek candi dari zaman Majapahit, yaitu  Candi Sukuh, dan Candi Cetho. Sedangkan di kaki gunungnya, ada komplek pemakaman kerabat Praja Mangkunagaran, yaitu Astana Girilayu dan Astana Mangadeg. 

Untuk mendaki Gunung Lawu, kamu bisa melalui tiga jalur, yakni Cemoro Kandang di Blumbang, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar; Cemoro Sewu di Magetan, Jawa Timur, lalu Candi Cetho di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.

Pendakian Gunung Lawu

Pendakian Gunung Lawu Mendaki Gunung Lawu (superadventure.co.id)

Selain punya daya tarik luar biasa, Gunung Lawu juga selau dikaitkan dengan hal-hal mistis. Soalnya, yang datang ke gunung ini bukan cuma pada pendaki, tapi juga masyarakat yang melakukan pertapaan. 

Kalau mau mendaki, pastikan jumlah peserta enggak ganjil dan jangan pernah mengeluh selama mendaki. Misalnya, kamu mengeluh panas, maka kamu akan merasakan panas yang lebih panas lagi.

Pasar Setan dan tempat misteri Gunung Lawu

Pasar Setan dan tempat misteri Gunung Lawu Gunung Lawu yang misterius (bonvoyagejogja.com)

Nah, Gunung Lawu juga terkenal karena konon punya Pasar Setan, yaitu area perbelanjaan yang kasat mata di jalur Candi Cetho, lereng Gunung Lawu. Padahal, jalur ini adalah yang paling pendek tapi berbahaya karena pendakian akan dimulai dari 1.470 mdpl dan jalurnya terjal dan curam. 

Dengan adanya risiko tersesat selama pendakian, banyak orang mengatakan bahwa ini adalah perlintasan alam gaib dan jadi lokasi Pasar Setan. Untuk para pendaki sendiri, biasanya nggak milih jalur ini, dan lebih umum melalui jalur Cemoro Kandang dan jalur Cemoro Sewu.

Kalau lewat Pasar Setan, beberapa pendaki mengaku pernah mendengar suara berisik seperti di pasar, dengan suara pedagang yang menawarkan barang jualannya, seperti “Mau beli apa, Mas?”

Konon, kalau mendengar suara-suara itu, kamu harus membuang salah satu barang atau uang yang kamu punya, lalu ambil daun atau rumput, seperti orang sedang belanja di pasar. Katanya sih, nanti kamu akan dapat kembalian uang dalam jumlah banyak, gengs. 

Selain Pasar Setan, ada tempat lain yang dipercaya misterius, yaitu Sendang Inten, Sendang Drajat, Sendang Panguripan, Sumur Jalatunda, Kawah Candradimuka, Repat Kepanasan/Cakrasurya, dan Pringgodani.

Fakta menarik Gunung Lawu

Kalau selama mendaki kamu melihat kupu-kupu hitam dengan cahaya kebiruan, ini tandanya kehadiranmu diterima. Kemudian kalau kamu melihat kijang emas, tungguin sampai dia mengeluarkan kotoran. Menurut informasi, kotoran kijang itu bisa kamu bawa pulang dan dipercaya bisa bikin rezeki lancar. 

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"