Mitos Pohon Beringin Alun-alun Kidul Yogyakarta, Benarkah Pintu Gerbang Menuju Pantai Selatan?

Mitos Pohon Beringin Alun-alun Kidul Yogyakarta, Benarkah Pintu Gerbang Menuju Pantai Selatan?

Sudah pernah datang ke Alun-alun Kidul Yogyakarta? Di lapangan alun-alun tersebut terdapat sepasang pohon beringin yang konon berusia ratusan tahun. Pohon beringin tersebut menjadi magnet bagi wisatawan atau warga lokal Yogyakarta yang penasaran mendekati pohon berukuran besar dan lebat tersebut.

Salah satu cara untuk bisa dekat dengan pohon beringin itu adalah dengan menutup mata sambil berjalan melintas di tengah dua pohon atau disebut matangin. Banyak orang selalu gagal karena seperti ada yang membelokkan kaki mereka padahal sudah tinggal berjalan lurus saja. Benarkah pohon beringin tersebut angker dan menakutkan?

Ada sebuah mitos yang menyebut jika pohon beringin kembar itu seperti gerbang gaib menuju kerajaan Pantai Selatan. Seperti diketahui bahwa Yogyakarta terdiri atas tiga sumbu imajiner yakni Gunung Merapi di utara, Keraton Yogyakarta di tengah, dan Pantai Selatan di selatan. Alun-alun kidul lokasinya dekat dengan Keraton Yogyakarta.

Pohon Beringin Alun-alun Kidul Yogyakarta (Tribunnews.com)

Mitos pohon beringin itu dengan kerajaan Pantai Selatan sangat dekat. Apalagi mitos ini sempat berkembang ketika Yogyakarta dipimpin oleh Raja Sri Sultan Hamengkubuwono VI.  Warga Yogyakarta juga percaya bahwa siapa saja orang-orang yang hendak berbuat jahat ke dalam keratin saat melewati pohon beringin itu akan mengalami kesulitan karena kesaktiannya hilang.

Kekuatan gaib pohon beringin pertama kali muncul pada zaman Sri Sultan Hamengkubuwono I. Kala itu seorang pria hendak menikahi putri raja. Tetapi sang putri tidak menyukai pria itu. Ia malah menantang pria itu untuk berjalan melewati pohon beringin dengan mata tertutup. Ternyata siasat putri raja berhasil karena si pria gagak menuntaskannya.

Makanya sampai sekarang dipercaya bahwa hanya orang yang memiliki hati bersih dan berbudi pekerti baik yang bisa melewati pohon beringin angker tersebut. Ada juga anggapan bahwa pohon beringin itu dihuni oleh sosok gaib penjaga yang cukup menyeramkan. Pohon beringin selama ini dikenal sebagai salah satu pohon yang disukai makhluk halus.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"