Mitologi Ular Falak, Terungkap 5 Fakta Uniknya karena Bisa Menelan Bumi dan Muncul di Hari Kiamat

Mitologi Ular Falak, Terungkap 5 Fakta Uniknya karena Bisa Menelan Bumi dan Muncul di Hari Kiamat

Ular falak dalam Islam dikaitkan dengan kisah Nabi Musa AS. Nabi Musa mendapatkan anugerah mukjizat saat berperang melawan Firaun. Salah satu mukjizat yang diturunkan Allah kepada Musa adalah bisa mengubah tongkat menjadi ular. Disitulah muncul mitologi ular falak yang konon menjadi hewan paling besar di dunia dengan memiliki banyak kekuatan.

Dalam Al Qur-an disebutkan dalam surat Al-A’raf ayat 107:  “Maka, dia (Musa) melemparkan tongkatnya, tiba-tiba ia (tongkat itu) menjadi ular besar yang nyata.” Memang dalam ayat tersebut tidak dtuliskan jenis ular meskipun banyak umat Islam menduga jika ular itu adalah ular falak.

Selain ada dalam surat Al-A’raf, kisah ular falak juga diceritakan dalam Surat An-Naml ayat 10 yang mengisahkan tentang:  “Lemparkanlah tongkatmu!” Ketika (tongkat itu dilemparkan) Musa melihatnya bergerak-gerak seperti seekor ular kecil yang gesit, berlarilah dia sambil berbalik ke belakang tanpa menoleh. (Allah pun berfirman,) “Wahai Musa, jangan takut! Sesungguhnya di hadapan-Ku para rasul tidak perlu takut”.

Melansir dari beberapa sumber, ular falak adalah ular raksasa yang berukuran sangat besar. Menurut ceritanya ular falak tinggal di bawah Bahamut, ikan raksasa berkepala kerbau yang menopang seluruh alam semesta, termasuk neraka, bumi, dan langit. Kisah ular falak ini ditemukan dalam cerita Seribu Satu Malam bahwa ular falak hanya takut akan Tuhan. Berikut beberapa fakta unik tentang ular falak.

Sejarah Mitologi Ular Falak, Terungkap Fakta Unik yang Bisa Menelan Bumi dan Muncul di Hari Kiamat (Grid.ID)

Menelan Planet dan Matahari

Ular falak dalam mitosnya memiliki ukuran yang besar. Karena berukuran sangat besar membuat ular falak ini bisa menelan bumi dan matahari. Ular ini bisa mengendalikan banyak dunia dan isinya, termasuk benda-benda di angkasa, galaksi, dan sejumlah planet lain di tata surya. 

Asal Usul Ular Falak

Terkait mitologi ular falak seperti yang sudah dijelaskan bahwa ular falak berasal dari tongkat Nabi Musa. Nabi Musa mendapatkan mukjizat untuk mengubah tongkat menjadi ular dengan ukuran yang sangat besar. Maka atas izin Allah dengan bantuan ular itu Musa bisa menghadapi kezaliman kaum kafir. Banyak yang mengaitkan ular falak dengan cerita perjuangan Musa. 

Kebal Terhadap Api 

Selain bisa menelan bumi dan matahari, kabarnya ular falak juga bisa menahan atau kebal dengan korban api yang panas. Ular falak ini memiliki tubuh berwarna hitam dan oranye merah dan emas. Warna tubuhnya itu menandakan bahwa ular besar itu sangat kuat dari serangan api-api yang panas.

Nafsu Makan Besar

Namanya ular raksasa yang besar, membuat ular falak memiliki nafsu yang besar untuk menyantap semua yang menjadi makanannya. Makanya tak segan-segan ular falak bisa makan seluruh alam semesta karena kekuatan yang dimilikinya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"