Misteri Menara Saidah, Gedung Miring di Jakarta yang Jadi Istana Jin

Misteri Menara Saidah, Gedung Miring di Jakarta yang Jadi Istana Jin

Menara Saidah jadi salah satu tempat menyeramkan di Jakarta. Simak ceritanya kuy!

Kalo kamu cari tempat-tempat yang horor di Jakarta, Menara Saidah pasti ada dalam daftar. Gedung tua yang udah nggak terurus ini emang cukup fenomenal. Selain keberadaannya misterius, gedung yang udah kosong sejak tahun 2007 ini disebut-sebut sebagai istana jin karena dihuni oleh mahluk halus. 

Menara Saidah awalnya sama aja kayak gedung tinggi lain di Jakarta. Fungsinya sebagai pusat perkantoran, lokasinya pun strategis di Jalan Gatot Subroto. Kalo dari Cawang ke arah Pancoran, kamu pasti pernah lihat penampakan gedung ini.

Menara Saidah (merdeka.com)

Dari luar, bangunannya memang menarik dan megah. Banyak patung bernuansa Romawi dan desain interiornya bergaya Las Vegas. Gedung yang awalnya bernama Grancindo ini kemudian direnovasi dan selesai tahun 2001. Namanya diambil dari nama sang pemilik, yaitu Saidah Abu Bakar Ibrahim.

Penyewa gedung ini termasuk Kementerian Percepatan Pembangunan Kawasan Timur Indonesia, yang sekarang berubah jadi Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal. Namun, 6 tahun kemudian, semua penyewa meninggalkan gedung ini dan Menara Saidah pun resmi ditutup. 

Patung di Menara Saidah (idea.grid.id)

Sejak awal, konstruksinya emang dianggap bermasalah. Pondasinya miring beberapa derajat dan dianggap bisa membahayakan penghuni gedung. Sewaktu-waktu, bangunan miring ini bisa aja rubuh. Walau kenyataannya, tetap tegak berdiri sampai saat ini. 

Tahun demi tahun berlalu, nasib gedung ini makin terbengkalai. Nggak lagi disewa dan dihuni manusia, para mahluk tak kasat mata lah yang konon menempati gedung 28 lantai ini. 

Menurut keterangan saksi sih, kenapa gedung ini horor itu karena memang menempati area kuburan warga. Bahkan, memang ada beberapa jenazah yang nggak dipindahkan saat gedung dibangun. 

Banyak cerita seram yang beredar tentang gedung ini, salah satunya keberadaan hantu dalam lift. Jadi, lampu lift sering banget mendadak redup, pintu lift terbuka padahal nggak ada orang, bahkan ada juga yang ngerasa naik lift rame-rame, eh ternyata nggak ada orang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"