Merapi Erupsi, Yuk Kenalan Sama 9 Makhluk Halus Penjaga Gunung Ini

Merapi Erupsi, Yuk Kenalan Sama 9 Makhluk Halus Penjaga Gunung Ini

Gunung Merapi kembali erupsi 3 Maret 2020 pukul 05.22 WIB. Setelah erupsi juga terjadi 13 Februari lalu. Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida menyebutkan letusan ini tidak didahului prekusor yang jelas.

Sejak 2018 Merapi kerap erupsi secara mendadak. Gunung Merapi emang merupakan yang paling aktif di Jawa, bahkan di Indonesia. Lereng selatan Gunung Merapi termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lereng lainnya merupakan bagian dari wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Magelang (sisi barat), Boyolali (utara dan timur), serta Klaten (tenggara).

Gunung Merapi (Instagram @merapiupdate)

Masyarakat Yogyakarta masih mempercayai beragam mitos Gunung Merapi ini. Salah satunya adalah adanya Keraton Merapi yang dipimpin oleh Eyang Merapi. Berikut ini beberapa makhluk halus penunggu Merapi.

1. Eyang Rama dan Eyang Permadi

Sebutan untuk penguasa tertinggi merapi adalah Eyang Merapi. Tapi ternyata ada kisah yang menyebutkan kalau Eyang Merapi itu ada dua. makhluk halus. 

Mereka adalah kakak-beradik yang memegang pucuk pimpinan, penguasa gunung Merapi.

2. Nyai Gadung Melati

Nyai Gadung Melati adalah pemimpin prajurit wanita di Gunung Merapi. Dia pimpinan dedemit wanita berseragam warna gadung melati atau hijau daun. Tugasnya adalah memelihara kesuburan tanaman yang ada di gunung.

Merapi erupsi (Instagram @merapiupdate)

3. Kartadimejo

Kalau Kartadimejo ini merupakan komandan pasukan makhluk halus selain perempuan. Dia juga bertugas menjaga ternak dan satwa gunung.

Sosok ini pula yang bertugas memberitahu penduduk kalau Merapi akan meletus.

4. Kiai Petruk

Nama yang sama dengan tokoh wayang ini lebih terkenal diantara yang lainnya. Udah kayak seleb hits yang ditunggu kedatangannya. Penduduk merapi banyak didatangi lewat mimpi gimana caranya menyelamatkan diri dan menghindari bahaya erupsi. Juga dari lahar dan hujan abu.

5. Eyang Antaboga

Eyang Antaboga ini menjaga Merapi biar gak tenggelam ke dalam inti bumi. Penjaga keseimbangan lah gengs.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"