Horor! Ini Asal Usul Keangkeran Malam Jumat Kliwon

Horor! Ini Asal Usul Keangkeran Malam Jumat Kliwon

Tahu kan kalau pas malam Jumat Kliwon pasti ada aja rasa seramnya, mau keluar malam itu jadi mikir dua kali.

Bahkan ni ya, di dalam rumah aja kadang kita masih merinding gilak kalau mikirin yang namanya malam jumat kliwon.

Disebabkan oleh berbagai pengaruh

Disebabkan oleh berbagai pengaruh Malam Jumat Kliwon (LAKEYBANGET.COM)


Ternyata Malam Jumat Kliwon ini emang disebabkan oleh beberapa pengaruh gengs. Gak cuma pengaruh dari bangsa sendiri tapi dari Eropa yang makin bikin anker. OMG!

Dilansir dari inibaru.id, bagi kebudayaan masyarakat Jawa, tiap hari memiliki makna, termasuk Jumat Kliwon. Perlu kamu tahu, Jumat adalah hari ke-6 dalam penanggalan modern, sedangkan Kliwon merupakan hari ke-4 dalam sepasar (pancawara) pada penanggalan Jawa.

Hingga kini, sebagian besar masyarakat Indonesia masih percaya dengan hal-hal berbau mistis, meski banyak juga yang apatis. Nah, nggak sedikit yang percaya, hari Jumat yang jatuh bertepatan dengan pasaran Kliwon memiliki unsur mistis. Malam Jumat Kliwon diyakini sebagai malam yang angker.

Kok bisa? Nggak ada yang tahu pasti mengapa malam Jumat Kliwon dinubuatkan sebagai malam yang keramat. Namun, ini bisa jadi karena kepercayaan masyarakat Jawa, khususnya Yogyakarta, yang melaksanakan puasa 40 hari dan berakhir pada malam Jumat Kliwon.

Selama itu, masyarakat menyediakan berbagai sesajen yang diletakkan di lokasi-lokasi yang dianggap sakral. Kini, puasa 40 hari tersebut digantikan pada Rabu Wage, Kamis Pon, dan puncaknya pada Jumat Kliwon.

Para sesepuh di Jawa memang menjadikan Jumat Kliwon sebagai hari yang istimewa. Masyarakat Yogyakarta menganggap Jumat Kliwon sebagai hari yang keramat. Sementara, masyarakat Jawa Tengah menganggap malam Jumat Wage (Wage adalah hari sebelum Kliwon) lebih keramat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"