Fakta Horor Letusan Gunung Krakatau Dalam Sejarah: Katanya Suaranya Masuk Rekor Letusan Terkeras di Dunia

Fakta Horor Letusan Gunung Krakatau Dalam Sejarah: Katanya Suaranya Masuk Rekor Letusan Terkeras di Dunia

Seperti yang kita tahu saat pandemi corona sedang digadang-gadang jadi momok terbesar di Indonesia, adalagi ujian dari Tuhan buat negri ini.

Gunung Anak Krakatau meletus Jumat (10/4/2020). Tidak lama setelah Gunung Krakatau meletus, dan katanya sampai terdengar dentuman keras loh gengs.

Gunung Anak Krakatau kembali erupsi pada Jumat, 10 April 2020 sebanyak dua, pada pukul 21.58 WIB dan pukul 22.35 WIB. Tipe letusan yang terjadi adalah strombolian dengan tinggi kolom letusan kurang lebih 500 meter. Waduh!

Hal ini jadi teringat tentang Fakta Horor Letusan Gunung Krakatau yang pernah terjadi beberapa tahun silam gengs. Apa aja? Yuk kita bahas di mari.

Fakta Horor Letusan Gunung Krakatau

Fakta Horor Letusan Gunung Krakatau Lukisan Gunung Krakatau (Kompasiana.com)

Suara letusan yang sampai terdengar di Australia

Di masa lalu, empat letusan besar terjadi, masing2 pukul 05.30, 06.44, 10.02, dan 10:41 waktu setempat. Pada pukul 5.30, letusan pertama memicu tsunami menuju Telukbetung. 

Pukul 06.44, Krakatau meletus lagi di dan menimbulkan tsunami di arah timur dan barat. Letusan besar terjadi pada pukul 10.02 dengan suara letusan yg begitu keras dan terdengar hampir 3110 km (1930 mil) di ke Perth, Australia Barat, dan Rodrigues di Mauritius yg berjarak 4800 km dari Krakatau. 

Letusan serupa juga terjadi 39 menit kemudian pada 10.41 yang sekaligus menjadi ledakan besar terakhir hari itu walau masih ada letusan-letusan kecil setelahnya.

Korban Mencapai 120.000 Jiwa

Dilaporkan, dalam sejarah Jumlah korban jiwa yang dicatat oleh pemerintah Hindia Belanda adalah 36.417 orang, dengan rincian : 165 kampung hancur total, 132 kampung hancur sebagian. 

Tetapi beberapa sumber menyatakan bahwa jumlah korban jiwa secara keseluruhan baik dari abu, tsunami dan gempa yang dihasilkan melebihi 120.000 jiwa. Gila ngeri kali ya. Ga kebayang deh gimana kekacauan saat itu. :(

Ilustrasi Tsunami (Suara.com)

Picu Tsunami setinggi 30 Meter

Masing-masing letusan disertai dengan gelombang tsunami, yang tingginya diyakini mencapai 30 m di beberapa tempat. Wilayah-wilayah di Selat Sunda dan sejumlah wilayah di pesisir Sumatra turut terkena dampak aliran piroklastik gunung berapi. 

Energi yang dilepaskan dari ledakan diperkirakan setara dengan 200 megaton TNT, atau kira-kira hampir empat kali lipat lebih kuat dari Tsar Bomba, yaitu senjata termonuklir paling kuat yang pernah diledakkan oleh manusia. Gila ya gengs, dahsyat banget.

Saking kuatnya sampai pecahkan gendang telinga

Ini emang Fakta Horor tentang gunung Krakatau sih gengs, Gelombang tekanan yang dihasilkan oleh letusan kolosal keempat dan terakhir terpancar keluar dari Krakatau hingga ketinggian 1086 km/h (675 mph). 

Letusan tersebut begitu kuat sehingga memecahkan gendang telinga para pelaut yang sedang berlayar di Selat Sunda.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"