7 Tempat Paling Angker dan Legend, Paling Banyak Ada di Jawa Timur

7 Tempat Paling Angker dan Legend, Paling Banyak Ada di Jawa Timur

Di Indonesia, ada beberapa tempat yang terkenal paling angker, terutama di pulau Jawa. Meski sudah sangat terkenal, mungkin beberapa di antara kamu masih belum mengetahuinya.

Walaupun wilayah Jawa bagian Timur dan Tengah ini mempunyai kota-kota dengan perkembangan teknologi dan infrastruktur yang cepat, tapi sampai saat ini para penduduk tetap merawat serta mempertahankan kebudayaan yang diperoleh secara turun temurun dari nenek moyang. Salah satunya adalah menjaga kepercayaan mistis dan spiritual.  

Mereka merawat beberapa tempat yang mengandung unsur keangkeran dan keramat tersebut sampai terkenal bahkan di telinga orang luar Jawa. Mulai dari hutan sampai bangunan tua yang mengandung aura mistis. Akibat cerita yang beredar ini, banyak orang yang penasaran dan ingin membuktikan kebenarannya. Nah, berikut adalah ulasan tentang tempat paling angker di pulau Jawa yang dilansir dari berbagai sumber. Simak, ya!

1. Alas Purwo, Banyuwangi

Alas Purwo, Banyuwangi

Alas Purwo adalah salah satu hutan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah di Jawa Timur. Hutan Alas Purwo ini adalah hutan tropis dengan pemandangan yang sangat indah dan memukau. Namun, dibalik keindahan tersebut, hutan ini menyimpan berbagai cerita mistis. Bahkan, dikatakan bahwa tempat ini menyimpan kerajaan gaib yang sangat megah dengan dilapisi emas.

Sejumlah legenda mengatakan bahwa di hutan ini juga ditempati oleh Nyi Roro Kidul dan Nyi Ratu, seorang pembantu tetap bila Nyi Roro Kidul datang ke daratan. Sampai saat ini, tempat paling angker di pulau Jawa ini dipakai oleh banyak orang untuk bersemedi di gua-guanya. Mungkin salah satunya untuk ritual pesugihan. Bahkan, para tokoh nasional seperti Soekarno, Jenderal Sudirman, sampai Supardi pernah melakukan meditasi di sana.

2. Alas Ketonggo, Ngawi

Ketonggo berasal dari dua suku kata yang berarti keton dan onggo. Keton mempunyai arti terlihat, sementara onggo berarti makhluk halus. Maka dari itu, ketonggo mempunyai makna makhluk halus yang terlihat. Berdasarkan sejarah, lokasi hutan tersebut pernah dipakai oleh Prabu Brawijaya untuk bersembunyi saat Majapahit menyerang Demak.  

Tempat paling angker di pulau Jawa ini juga memiliki sebuah makam tua yang dipercaya sebagai makam Prabu Brawijaya. Banyak orang yang berkunjung ke tempat tersebut untuk berziarah atau bersemedi. Walaupun pengunjung hutan tersebut selalu ramai, tapi nuansa mistisnya masih sangat terasa.  

3. Alas Lalijiwo, Gunung Arjuno

Gunung dan hal-hal mistis merupakan dua hal yang saling berhubungan dan tak dapat dipisahkan. Termasuk juga Alas Lalijiwo yang berada di Gunung Arjuno. Hutan yang dikenal mempunyai segudang cerita mistis terutama untuk kalangan pendaki tersebut telah mencatat puluhan korban hilang.

Walaupun demikian, mereka tetap tidak takut dan menjadikan tempat paling angker di pulau Jawa ini sebagai destinasi pendakian. Namun, setiap pendaki yang akan ke puncak, selalu diingatkan oleh masyarakat supaya tidak berniat buruk. Selain itu, para pendaki juga harus belajar tentang kompas dan peta dengan benar agar tidak tersesat.

4. Gunung Merapi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"