Waduh! Dokter Ini Salah Amputasi Kaki Pasien, Bukan Yang Kiri Malah Yang Kanan

Waduh! Dokter Ini Salah Amputasi Kaki Pasien, Bukan Yang Kiri Malah Yang Kanan

Kabar mengejutkan datang dari seorang dokter di Austria yang dijatuhi hukuman denda 2.700 euro atau sekitar Rp 44 juta, lantaran dirinya salah mengamputasi kaki seorang pasien.

Dokter wanita itu sebenarnya tahu kaki bagian mana yang mesti diamputasi. Tetapi, entah gimana ceritanya, dia malah melakukan hal fatal tersebut. 

Kejadian itu berawal saat seorang pasien berusia 82 tahun datang ke Rumah Sakit Freistadt di kota Freistadt, Austria, pada Mei lalu. Menurut media lokal bernama Kurier, pasien itu harus menjalani amputasi kaki kiri pada 18 Mei 2021 karena penyakit yang dideritanya.

Tetapi, dokter 43 tahun itu malah mengamputasi kaki yang salah. Ia mengamputasi kaki kanan pasien. Hal tersebut juga baru diketahui setelah 2 hari selesai operasi ketika sang dokter mengganti perban pasien.

Ilustrasi operasi (cnn.com)

Sang pasien akhirnya diberi tahu kalo kakinya yang lain juga mesti diamputasi. Sebab bagaimana pun juga, tujuan pertama yang semestinya diamputasi adalah kaki kiri, bukan kanan.

Dari laporan BBC, pihak rumah sakit menjelaskan kalo insiden itu terjadi karena rangkaian situasi yang gak menguntungkan. Sang direktur rumah sakit juga sudah meminta maaf kepada publik melalui konferensi pers.

Dalam sidang pengadilan, dokter tersebut mengaku ada terjadinya kesalahan dalam komando di ruang operasi sehingga mengakibatkan terjadinya kesalahan amputasi. 

Padahal sebelumnya, ia juga sudah mempelajari dokumen kesehatan pasien dan tahu bahwa yang perlu diamputasi adalah kaki kiri.

Ia pun menggarisbawahi bahwa "kesalahan besar" itu bukan karena "kegagalan individu".



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"