Tradisi Unik yang Hanya Ada di Tahun Baru Imlek, Tertarik Menikmati?

Tradisi Unik yang Hanya Ada di Tahun Baru Imlek, Tertarik Menikmati?

Tahun Baru Cina merupakan perayaan besar keturunan Tionghoa. Sebagai negara yang multikultur, bisa dong setiap orang ikut merayakan setiap acaranya. Tradisi unik dalam merayakan Imlek hanya bisa ditemukan saat mendekati atau pas hari perayaan. 

Imlek berasal dari dialek Hokkian, yaitu Im dan Lek. 'Im' berarti bulan dan 'lek' berarti penanggalan. Dikutip dari Cosmopolitan, Imlek berarti kalender (penanggalan) bulan atau Lunar New Year. Imlek jatuh pada tanggal satu saat bulan pertama. Terjadi saat musim semi, maka banyak perayaan meriah saat Imlek. Tradisi unik apa saja yang bisa dinikmati? Nih, pasti menarik deh!

1. Menonton Barongsai

1. Menonton Barongsai Menonton Barongsai (nasional.tempo.co)

Tarian Barongsai menggunakan kostum menyolok, kepalanya menyerupai singa tetapi ekornya naga. Pasti kamu sering melihatnya baik di film atau langsung saat pertunjukannya. Kostum yang warna-warni mayoritas berwarna merah dan emas. Kedua warna tersebut menyimbolkan kemakmuran dan keberuntungan. Tarian mempertontonkan gerakan atraktif. Mereka melompat dan menggerakkan badan dengan lincah. Bahkan koreografinya bisa seperti bangunan arsitektur yang meriah. 

Berdasarkan kepercayaan turun temurun, tarian ini menceritakan seekor naga yang mengusir 'Nian'. Nian adalah hewan mitologis yang merusak pertanian, mencuri anak-anak dan merugikan. Konon katanya pukulan simbal dan perkusi serta tarian bisa mengusir 'roh jahat'. 

2. Nggak boleh makan bubur

2. Nggak boleh makan bubur Nggak boleh makan bubur (pinterest.com)

Berdasarkan tradisi dan kepercayaan, bubur merupakan simbol kemiskinan. Pada jaman dahulu, bubur biasa dimakan ketika sakit dan terjadi bencana. Maka, keturunan Tionghoa tidak akan makan bubur saat perayaan Imlek. 

3. Makan jeruk

3. Makan jeruk Makan jeruk (merdeka.com)

Jeruk khususnya jenis jeruk mandarin disebut sebagai buah 'zhi'. Penyebutan tersebut juga dipakai untuk menyebut emas dan keberuntungan. Jadi buah jeruk adalah buah keberuntungan. Jeruk juga berbentuk bulat seperti bulan. Bentuk bulat seperti bulan diangga sebuah kesempurnaan tanpa ujung. Pada intinya mempercayai bahwa jika makan jeruk saam Imlek bisa mendapatkan rejeki tak berujung. Dipercaya juga jeruk yang dimakan adalah jeruk yang masih memiliki daun, artinya jeruk segar ya. Soalnya daun jeruk melambangkan umur panjang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"