Ini Lho Fakta Menarik Seputar Barongsai yang Wajib Kalian Ketahui

Ini Lho Fakta Menarik Seputar Barongsai yang Wajib Kalian Ketahui

Tahun Baru Imlek tak hanya soal makanan kue keranjang aja gengs. Sebab, perayaan Imlek itu juga nerupakan moment yang tepat untuk menyaksikan kesenian barongsai.

Kesenian Barongsai (fresh.suakaonline.com)

Barongsai? Ya, Barongsai merupakan tarian tradisional Cina yang biasanya menggunakan sarung yang menyerupai singa. Bentuknya lucu, bulu-bulunya unyu gituuh.

Mungkin kalian akan banyak melihat pertunjukan barongsai ini di klentang, mal, hotel hingga restoran untuk menghibur orang banyak.

Barongsai memiliki gerakan yang lincah, krobatik, dan biasanya diiringi musik yang dinamis. Nah, hak-hal itulah yang biasanya membuat pertunjukan barongsai ini selalu d nanti-nanti saat Imlek.

Meskipun demikian, ada lhoo fakta menarik seputar barongsai yang wajib kalian ketahui. Apa saja?

1. Barongsai Nama Asli di Indonesia

1. Barongsai Nama Asli di Indonesia Barongsai nama asli Indonesia lhoo (news.lewatmana.com)

Tahukah kamu? Ternyata penyebutan nama Barongsai itu sebenarnya hanya di Indonesia saja lhoo gengs. Sebenarnya nama asli kesenian ini di China adalah 'Wu Shi'. Sedangkan kalau negara Barat menyebutnya 'lion dance'.

Untuk nama Barongsai sendiri merupakan akulturasi China di Indonesia. 'Barong' berasal dari kesenian boneka Bali yang dimainkan oleh manusia di dalamnya. Sementara 'Sai' dalam bahasa Hokkian berarti singa.

2. Persatuan Barongsai di Indonesia

2. Persatuan Barongsai di Indonesia Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (twitter @HumasFOBI)

Tak hanya itu, ternyata Barongsai di Indonesia memiliki struktur organisasi di bawah FOBI (Federasi Olahraga Barongsai Indonesia) lho.

Berawal dari 5 organisasi barongsai (PERSOBARIN, PLBB, PERNABI, ALBSI dan ALBA) kemudian menganggap olahraga barongsai merupakan olahraga yang sudah populer di tengah masyarakat Indonesia sehingga perlu dibentuk sebuah organisasi olahraga yang menyatukan semua atlet, pegiat dan masyarakat barongsai di Indonesia. Maka dari itu, dibentuklah FOBI yang berdiri pada tanggal 9 Agustus 2012.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"