Tips Menabung untuk Hari Tua, Mulai Sekarang Sebelum Terlambat

Tips Menabung untuk Hari Tua, Mulai Sekarang Sebelum Terlambat

Hari tua yang bahagia menjadi dambaan banyak orang. Makanya saat menjalani hari tua nanti keuangan juga harus baik-baik saja. Jangan sampai masalah keuangan membuat hari tua jadi sengsara. Berikut beberapa tips menabung untuk hari tua. Yuk lakukan dari sekarang sebelum terlambat.

Sisihkan Penghasilan

Sebaiknya menabung untuk hari tua mulai dilakukan sejak usia muda atau ketika seseorang sudah memiliki penghasilan. Besaran penghasilan yang disisihkan untuk dana hari tua bisa 3-5 % dari total pendapatan tiap bulannya. Dengan menyisihkan uang secara konsisten tiap bulannya bisa membantu mengatasi masalah keuangan pada hari tua nanti.

Buat Rencana Jangka Panjang 

Tips berikutnya dengan membuat rencana jangka panjang atau pada hari tua nanti. Setiap orang memiliki rencana hari tua mau melakukan apa setelah pensiun. Mungkin salah satu rencana dengan membuka usaha. Membuka usaha membutuhkan modal yang tidak sedikit, apalagi saat itu kamu sudah pensiun.

Mau mengandalkan dari uang pensiun saja? Tentu belum tentu cukup. Makanya sejak sekarang sudah dipikirkan jenis usaha apa yang mau dibuat dan berapa kisaran modalnya sehingga untuk menyiapkan modal sudah ditabung sejak sekarang.

Tips Menabung Hari Tua (Republika)

Ikut Program Tabungan Berjangka

Salah satu untuk menabung hari tua adalah mengikuti program tabungan berjangka. Biasanya di banyak bank memiliki program tersebut. Program tabungan berjangka adalah tabungan yang jumlah setorannya sama setiap bulannya dan berjalan dalam kurun waktu panjang maksimal 20 tahun. Tabungan itu memang tidak bisa diambil seperti tabungan biasa.

Investasi

Mengikuti investasi juga bisa membantu untuk menabung uang pada hari tua. Investasi yang bisa dipilih antara lain reksadana, deposito, saham, hingga properti. Uang investasi itu dikembangkan dan nantinya jumlahnya bertambah banyak sehingga bisa jadi modal cukup untuk hari tua nanti.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"